Agar Turi Rajin Berbunga dan Bunganya Banyak

Siapa yang suka mengonsumsi bunga turi? Bunga yang satu ini memang aman dimakan oleh manusia. Rasanya pun sangat lezat. Biasanya bunga turi dimasak menjadi tumisan atau pecel. Harga bunga turi ini lumayan mahal loh. Apalagi kalau belum musimnya. Padahal menanam pohon turi termasuk mudah. Anda pun bisa menanamnya dari biji. Tak perlu menunggu waktu yang lama. Setelah 1 tahun, pohon turi sudah tumbuh besar dan menghasilkan bunga.

Anda bisa puas memakan bunga turi kalau memiliki pohonnya sendiri. Terlebih ketika sedang musimnya, pohon turi ini mampu menghasilkan bunga yang banyak sekali. Perawatan menjadi kunci utama agar pohon turi yang Anda tanam rajin menghasilkan bunga. Sebab pohon turi yang tidak dirawat dengan baik akan jarang berbunga atau bahkan tidak berbunga sama sekali. Berbeda dengan pohon yang dirawat sepenuh hati pasti akan menghasilkan banyak bunga.

Kali ini TokoTanaman.com akan berbagai kiat-kiat dalam merawat pohon turi!

Kiat 1. Berikan Pupuk secara Rutin

Jangan tahunya cuma mengambil bunga turi dan memakannya saja ya. Sebab pohon turi pun membutuhkan makanan. Apa makanan bagi pohon ini? Tidak lain yaitu bahan-bahan organik dan zat-zat hara yang terkandung di dalam tanah. Akar tanaman ini yang bertugas untuk menyerap bahan makanan tersebut.

Namun karena terus diambil, lambat laun persediaan bahan makanan ini di tanah semakin menipis. Sudah menjadi kewajiban Anda untuk mengisi kembali dengan memberikan pupuk ke tanaman. Anda bisa menggunakan pupuk kandang dari kotoran ayam.

Kiat 2. Cabut Gulma yang Tumbuh

Semua tanaman pada dasarnya membutuhkan unsur hara dan air yang terkandung di dalam tanah untuk mendukung kehidupannya. Ingat, tujuan pokok Anda kali ini merawat pohon turi. Tugas Anda yaitu memaksimalkan pertumbuhan pohon tersebut. Salah satu langkah yang bisa ditempuh ialah menghilangkan pesaing bagi pohon turi dalam mendapatkan air dan zat-zat hara.

Apakah itu? Tidak lain adalah gulma. Gulma menjadi pesaing bagi tanaman turi dalam mengambil makanan dan minuman dari tanah. Akibatnya air dan pupuk yang Anda berikan tidak diserap maksimal oleh pohon turi. Untuk mencegahnya, Anda bisa mencabuti semua gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman dalam jarak 2-3 meter.

Kiat 3. Memangkas Pohon Turi

Rahasia agar pohon turi rajin berbunga serta menghasilkan bunga yang banyak yaitu Anda harus memangkas pohon tersebut. Kebanyakan orang merasa sayang kalau harus memangkas tanaman karena menganggap pemangkasan akan menggunduli tanaman dan menjadikannya tidak subur.

Padahal justru sebaliknya. Pemangkasan berguna untuk memicu tumbuhnya tunas-tunas baru yang memiliki produktivitas lebih baik dalam menghasilkan bunga. Anda perlu memangkas cabang-cabang tanaman yang sudah tua, mengering, atau kurang produktif. Nantinya dari bekas pemangkasan tersebut akan tumbuh cabang baru yang lebih subur. Pemangkasan sebaiknya dilakukan di akhir musim tanaman berbunga.