Agar Daun Puring Berwarna Cerah dan Mengkilap

Anda perlu merawat tanaman puring di rumah dengan sebaik-baiknya. Tanaman puring yang dipelihara dengan baik akan tumbuh subur. Daunnya rimbun dan warnanya pun indah sekali. Keindahan tanaman puring memang terdapat pada daunnya yang memesona. Daun puring begitu menarik dengan permukaannya yang berwarna-warni membentuk motif tertentu. Tak hanya hijau, daun puring juga ada yang berwarna kuning, cokelat, merah, dan hitam.

Namun keindahan tanaman puring bakal kurang sempurna apabila daunnya berwarna kusam. Tanaman puring yang memiliki daun yang kusam menandakan kalau tanaman tersebut kurang mendapatkan perawatan. Anda sebagai pemiliknya mungkin tidak merawatnya dengan baik atau justru salah dalam melakukan perawatan. Akibatnya adalah warna daun tanaman puring lama-kelamaan akan memudar serta tidak mengkilap lagi. Anda harus segera mengatasinya.

Ada beberapa cara untuk mempercerah warna daun tanaman puring, di antaranya :

  1. Pakai Media Tanam yang Tepat

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan media tanam yang tepat dan sesuai untuk menanam tumbuhan puring. Pada dasarnya, tanaman ini menghendaki media tanam yang subur, gembur, dan banyak mengandung air. Anda bisa membuat media tanam untuk puring dari campuran pasir malang, pupuk kandang, dan sekam bakar. Perbandingan kombinasi bahan yang kami anjurkan yaitu 1:1:1. Campurkan bahan-bahan ini hingga tercampur merata.

  1. Letakkan di Tempat yang Panas

Perlu Anda ketahui, tanaman yang memiliki daun yang cukup lebar dan permukaannya mengkilap umumnya menyukai sinar matahari. Begitu pula dengan tanaman puring. Tanaman ini sangat suka dengan cahaya matahari. Tanaman puring yang bisa mendapatkan cahaya matahari secara optimal akan tumbuh subur. Bahkan jika kebutuhan sinar matahari ini tercukupi, daunnya akan berwarna cerah dan indah.

  1. Suhu Udara yang Tepat

Tanaman puring tidak menyukai tempat yang teduh atau tempat-tempat yang memiliki suhu cenderung rendah. Tanaman ini justru akan layu apabila diletakkan di tempat-tempat tersebut. Selain harus bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung, puring juga memerlukan tempat tumbuh yang hangat. Suhu udara yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya berkisar antara 28-30 derajat celsius. Warna daunnya akan menjadi cerah secara bertahap manakala diletakkan di tempat yang panas.

  1. Siramlah Secukupnya Saja

Karena tanaman puring membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak, maka kebutuhan airnya pun relatif tinggi. Tanaman ini memerlukan air yang cukup banyak untuk mendukung proses fotosintesis yang dilakukannya. Kami sarankan Anda bisa menyirami tanaman ini setiap hari yaitu pada pagi atau sore hari. Hindari menyiram tanaman pada siang hari karena dapat membakarnya. Saat menyirami tanaman puring, Anda juga bisa membasahi bagian daunnya supaya bersih.

  1. Berikan Pupuk Secara Berkala

Untuk memicu kepekatan warna daun puring, Anda juga bisa menggunakan pupuk. Pupuk yang bagus bagi daun puring yaitu pupuk yang banyak mengandung unsur pospor, kalium, dan kalsium. Unsur-unsur yang terkandung di dalam pupuk ini akan membuat warna daun puring menjadi cerah. Di sisi lain, Anda harus menghindari pemakaian pupuk yang mengandung unsur nitrogen. Meskipun pupuk ini dapat menyuburkan pertumbuhan daunnya, tetapi di sisi lain warna daun puring justru akan menjadi pucat.

  1. Basmi Hama yang Menyerang

Sebagai tanaman yang memiliki daun yang begitu indah, puring juga rawan diserang oleh hama. Beberapa hama kerap menyerap tanaman ini, terutama bagian daunnya. Contohnya seperti kutu putih dan semut hitam. Kutu putih akan menghisap cairan yang ada di dalam tanaman puring sehingga tanaman menjadi kurus dan akhirnya layu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan insektisida yang tepat. Anda juga boleh menyemprotkan obat nyamuk untuk membasmi hama ini.