7 Penyebab Tanaman Tidak Kunjung Berbuah

Apakah faktor-faktor yang menyebabkan tanaman Anda tidak berbuah? Hobi menanam tumbuh-tumbuhan disukai oleh semua orang. Anda pun tidak mau ketinggalan memelihara tanaman di pekarangan rumah. Ada tanaman yang memiliki daun atau bunga yang indah. Ada pula tanaman yang mampu menghasilkan buah yang bisa Anda nikmati bersama keluarga tercinta. Misalnya seperti mangga, belimbing, rambutan, durian, alpukat, dan lain-lain.

Anda mungkin sudah mencoba menanam tumbuhan berbuah akan tetapi tanaman tersebut tidak kunjung menghasilkan buah? Kami yakin pasti ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicunya. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh tanaman itu sendiri ataupun kondisi lingkungan di sekitarnya. Anda harus mampu mendeteksi penyebab utama ini. Dengan demikian, Anda pun dapat melakukan solusi yang tepat guna mengatasinya.

Berikut ini keenam penyebab utama kenapa suatu tanaman tidak kunjung berbuah, antara lain :

  1. Umur Tanaman Belum Cukup Dewasa

Hanya tanaman dewasa yang bisa menghasilkan buah. Sedangkan tanaman-tanaman yang masih cukup muda tidak mungkin berbuah. Kecuali jika bibit tanaman tersebut diperoleh dari teknik vegetatif seperti cangkok, okulasi, atau setek, maka masih memungkinkan tanaman akan menghasilkan buah dalam waktu singkat. Namun jika bibit tanaman yang Anda pelihara berasal dari biji, Anda harus menunggu waktu yang cukup lama sampai usia tanaman sudah cukup tua.

  1. Tanaman Memiliki Bunga Tak Sempurna

Tanaman tidak selamanya menghasilkan bunga yang sempurna. Ada beberapa tanaman yang memiliki bunga tidak sempurna. Tanaman dengan bunga tak sempurna ini tidak mungkin bisa menghasilkan buah sendiri karena dia hanya bisa menghasilkan bunga berjenis kelamin jantan saja atau betina saja. Tanaman dengan bunga berjenis betina saja masih mungkin menumbuhkan buah asalkan ada tanaman lain yang berbunga jantan di sampingnya. Namun khusus tanaman yang berbunga jantan saja, sampai kapan pun tanaman ini tidak mungkin dapat berbuah.

  1. Tidak Terpenuhinya Syarat yang Dibutuhkan

Setiap jenis tanaman itu unik karena memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk salah satunya ialah tanaman yang membutuhkan syarat-syarat khusus supaya bisa menghasilkan buah. Contohnya yaitu tanaman alpukat lokal. Tanaman ini hanya mau berbuah apabila terjadi perkawinan antara dua tanaman alpukat lokal. Jika perkawinan terjadi antara alpukat lokal dengan alpukat impor, maka tanaman alpukat lokal tersebut tidak bisa menghasilkan buah.

  1. Kesehatan Tanaman sedang Menurun

Kondisi tanaman harus benar-benar sehat untuk bisa memproduksi buah. Apabila tanaman terkena serangan hama atau penyakit tentu tidak akan mampu berbuah. Bahkan jika serangan yang terjadi cukup parah, risikonya tanaman bisa tidak akan menghasilkan bunga atau buah lagi. Penyebabnya tidak lain karena gen yang ada di tanaman tadi telah mengalami perubahan yang menyebabkan sifat-sifatnya pun turut berubah.

  1. Bunga Tidak Berkembang Sempurna

Kasus ini biasanya terjadi pada musim penghujan, di mana tanaman mampu menghasilkan bunga dalam jumlah yang cukup banyak. Namun karena terpaan air hujan dan angin yang cukup kencang, bunga tadi berguguran sehingga tidak mampu berkembang menjadi buah. Selain itu gugurnya bunga-bunga ini juga bisa disebabkan oleh faktor internal tanaman itu sendiri. Misalnya tanaman kekurangan air, kekurangan unsur nitrogen, adanya serangan penyakit, dan batang bawah yang lapuk.

  1. Pupuk yang Diberikan Tidak Tepat

Kami selalu menghimbau agar proses pemberian pupuk ke tanaman harus dilakukan secara tepat aplikasi, waktu, dan dosis. Sebab penggunaan pupuk yang salah kaprah sangat berbahaya bagi tanaman dan menimbulkan dampak negatif. Contohnya tanaman yang diberikan pupuk terlalu banyak bukan tumbuh subur tetapi malah menjadi busuk. Beberapa jenis pupuk juga dapat merubah sifat-sifat tanaman yang justru membuatnya sulit berbuah.

  1. Keadaan Tanaman Terlalu Rimbun

Tanaman yang rimbun menandakan kalau tingkat pertumbuhannya bagus. Tanaman tersebut tumbuh subur dan bisa menyerap semua nutrisi yang diberikannya dengan baik. Namun sayangnya keadaan tanaman yang terlalu rimbun ini justru dapat menyebabkannya sulit menghasilkan buah. Hal ini dikarenakan makanan yang dihasilkan dari proses fotosintesis justru lebih banyak dipakai tanaman untuk mendukung pertumbuhan daun.