7 Cara Merawat Tanaman Sri Rejeki agar Tumbuh Subur

Biasanya sri rejeki ditanam di dalam pot. Rindangnya daun tanaman ini akan berpadu dengan sempurna bersama pesona dari pot tersebut. Tanaman sri rejeki nampak begitu segar. Kita pun langsung akan merasa fresh ketika melihatnya. Sehingga wajar bila kemudian ada mitos yang menyebutkan sri rejeki merupakan tanaman pembawa rezeki. Maksudnya yaitu tanaman ini mampu menyegarkan pikiran sehingga kita akan lebih bersemangat lagi dalam bekerja.

Agar tumbuh subur, Anda harus merawat tanaman sri rejeki dengan baik. Untungnya tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit. Sri rejeki tergolong sebagai tanaman yang mudah dirawat serta gampang tumbuh. Kami jamin Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan saat merawat tanaman ini. Dengan memberikan perawatan yang tepat, tanaman sri rejeki Anda pasti bakal tumbuh subur serta mempunyai daun yang rimbun berwarna cerah.

Gunakan Media Tanam yang Subur

Sri rejeki merupakan tanaman yang sangat menyukai media tanam yang subur. Tanaman ini akan tumbuh dengan manakala ditanam di tanah yang banyak mengandung bahan organik. Sri rejeki membutuhkan asupan makanan untuk mendukung pertumbuhan daunnya. Anda dapat menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang sebagai media tanam untuk memelihara sri rejeki. Campurkan bahan sampai tercampur rata, lalu masukkan ke pot.

Letakkan di Tempat yang Teduh

Tanaman sri rejeki sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang terbuka. Panas dari sinar mentari dapat membakar daun sri rejeki ini. Akibatnya yaitu daunnya tidak tumbuh subur, tapi menjadi layu dan berwarna kekuning-kuningan. Lama-kelamaan bagian tepinya akan menghitam dan gosong seperti dibakar. Daun tersebut pun menjadi tidak nampak menarik lagi. Sebaiknya Anda letakkan tanaman ini di tempat yang teduh saja.

Sirami Setiap Pagi Secukupnya

Tanaman-tanaman yang memiliki daun berukuran lebar umumnya membutuhkan asupan air yang cukup banyak. Sebab tanaman ini melakukan proses fotosintesis jauh lebih maksimal daripada tanaman-tanaman yang berdaun kecil. Begitu pula dengan tanaman sri rejeki yang memang mempunyai daun yang lebar. Untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman ini, Anda bisa menyiraminya setiap pagi hari memakai air yang cukup.

Lakukan Pemupukan secara Rutin

Anda juga perlu melakukan pemupukan susulan secara berkala. Tanaman sri rejeki ini terkenal rakus sekali menyerap kandungan zat hara yang ada di dalam tanah loh. Hal ini semata-mata dilakukannya untuk mendukung pertumbuhan bagian daunnya. Tanaman ini membutuhkan zat hara dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan pupuk kandang setidaknya sebulan sekali. Jika penampilan daunnya nampak kurang subur, coba Anda berikan pupuk NPK secukupnya.

Bersihkan Permukaan Daunnya

Daya tarik utama yang dimiliki oleh tanaman sri rejeki terdapat pada bagian daunnya. Daun sri rejeki ini menarik sekali. Ukurannya cukup panjang dan lebar. Daunnya berwarna hijau segar, kadang-kadang ada semburat warna merah di bagian tepinya. Di bagian tengah daun ini juga dihiasi dengan bintik-bintik berwarna putih secara acak. Anda sampai terpesona dengan keindahan daunnya. Guna menjaga pesona daun tersebut, rajinlah membersihkan permukaan daun sri rejeki memakai lap yang basah.

Cabut Gulma yang Tumbuh di Pot

Pastikan tumbuhan sri rejeki yang Anda miliki tumbuh dengan baik tanpa gangguan. Jangan biarkan pertumbuhan tanaman ini terganggu atau tersaingi oleh tanaman lain karena bakal menyebabkan pertumbuhannya tidak subur. Biasanya akan ada rumput, ilalang, atau tanaman lain yang tumbuh di dalam pot tersebut. Segera cabut gulma ini karena akan mengganggu pertumbuhan tanaman sri rejeki. Gulma ini akan menjadi pesaing tanaman dalam memperoleh zat hara, air, sinar matahari, dan udara.

Basmi Serangan Hama dan Penyakit

Tidak hanya Anda saja yang tertarik dengan pesona daun sri rejeki, tetapi makhluk berukuran kecil seperti serangga, bakteri, dan virus pun tergoda untuk mendatanginya. Mikroorganisme ini biasanya menyerang tanaman sri rejeki untuk memakan daunnya atau menjadikannya sebagai sarang dan tempat bertelur. Segera lakukan tindakan pengendalian apabila tanaman sri rejeki ini Anda terkena serangan. Anda bisa memanfaatkan insektisida dan fungisida untuk mengatasi serangan hama dan bibit penyakit tersebut.