3 Tips agar Thunbergia Rajin Berbunga

Ada banyak orang yang suka dengan tanaman thunbergia. Tak mengherankan memang sebab thunbergia mempunyai pesona yang sangat menarik. Thunbergia merupakan tanaman rambat yang sangat indah. Tanaman asal Benua Afrika ini bisa digunakan sebagai tirai alami untuk melindungi rumah dari terik matahari dan polusi udara. Suasana yang sangat asri dan alami seketika akan langsung terpancar manakala Anda menanam tumbuhan ini.

Proses penanaman thunbergia sangat mudah dilakukan. Anda bisa memperbanyak tanaman ini dari biji atau batang. Menanam biji thunbergia atau stek batangnya tidak terlalu sulit. Bahkan Anda tidak membutuhkan teknik khusus untuk menanam thunbergia. Anda bisa menanamnya di pot dan polybag atau langsung di tanah sehingga tanaman ini tumbuh subur. Thunbergia juga dikenal rajin sekali dalam menghasilkan bunga.

Jikalau tanaman Anda sudah lama tidak berbunga, maka kemungkinan besar ada sesuatu yang tidak beres dengan tanaman tersebut. Anda bisa membuatnya rajin berbunga lagi dengan mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

  1. Letakkan Tanaman di Tempat Terbuka

Tanaman thunbergia berasal dari Benua Afrika. Jadi secara alami tanaman ini sangat menyukai kondisi cuaca yang cenderung panas. Faktanya thunbergia juga suka sekali dengan sinar matahari. Tanaman thunbergia yang diletakkan di tempat terbuka dan bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung akan rajin berbunga. Di sisi lain, jika ditaruh di tempat yang teduh, maka pertumbuhan tanaman akan terganggu.

  1. Lakukan Pemangkasan secara Rutin

Pemangkasan perlu dilakukan terhadap tanaman thunbergia. Proses pemangkasan ini tidak hanya bertujuan untuk membentuk postur tanaman saja, tapi juga merangsang tumbuhnya cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru tumbuh ini mempunyai tingkat produktivitas yang lebih tinggi dalam menghasilkan bunga. Kalau ingin tanaman thunbergia Anda rajin berbunga, Anda juga harus rajin memangkasnya.

  1. Berikan Pupuk NPK agar Semakin Subur

Tanaman thunbergia membutuhkan makanan untuk mendukung pertumbuhannya. Tanaman ini berupa unsur hara yang terkandung di dalam tanah. Seiring berjalannya waktu, jumlah unsur hara di tanah akan semakin berkurang. Anda harus menambah lagi supaya tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Di sini Anda bisa memberikan pupuk NPK dengan konsentrasi 2 gram/liter air setiap bulan.