3 Rahasia Merawat Pohon Tin supaya Cepat Berbuah

Siapa nih yang tertarik menanam pohon tin? Bila Anda juga berniat menanamnya pohon surga ini, Anda bisa membeli bibitnya di online store kami yang beralamat di www.tokotanaman.com. Kami menjual aneka bibit pohon tin dari berbagai jenis. Kami menyediakan bibit tin stek batang serta cangkok. Silakan Anda dapat memilihnya sendiri sesuai selera. Faktanya tidak sulit kok menanam pohon tin ini. Malahan pohon yang berasal dari kawasan Asia Barat ini bisa tumbuh subur di Indonesia.

Tahukah Anda, tanaman tin bisa dikonsumsi bagian daun dan buahnya. Anda dapat mengolah daun tin menjadi semacam minum teh. Teh daun tin ini mempunyai khasiat yang bagus untuk tubuh, terutama sistem pencernaan kita. Perut Anda akan terasa lebih nyaman apabila rutin meminum the dari daun tin. Sedangkan buah tin dapat dikonsumsi begitu saja sebagai buah meja. Buah tin memiliki rasa yang sangat unik. Rasa manisnya mendominasi sekali. Beberapa varietas tin bahkan mempunyai buah dengan rasa menyerupai madu.

Kami mempunyai beberapa rahasia dalam merawat pohon tin agar cepat berbuah, di antaranya :

Pastikan Mendapat Sinar Matahari Penuh

Habitat alami tanaman tin terletak di daerah yang beriklim panas. Jadi tak mengherankan kalau pohon tin sangat menyukai sinar matahari. Tanaman ini akan tumbuh dengan maksimal apabila bisa mendapat sinar matahari secara penuh. Pertumbuhan tanaman ini akan semakin subur manakala memperoleh cahaya mentari yang banyak.

Itu sebabnya, pastikan tempat penanaman pohon tin ini bisa tersinari oleh sinar matahari di seluruh bagiannya. Sebaiknya tanamlah pohon ini di lahan yang terbuka. Pastikan pohon-pohon naungan yang tumbuh di sekelilingnya tidak menghalangi jatuhnya sinar matahari ke pohon tin. Jika pertumbuhan tin subur, maka tanaman ini bakal cepat menghasilkan buah.

Siramilah Tanaman Tin 2-3 Hari Sekali

Pohon tin sebenarnya sangat menyukai air. Pertumbuhan tanaman ini akan lebih subur apabila bisa memperoleh air secara maksimal. Sayangnya akar pohon tin gampang membusuk apabila kondisi media tanamnya terlalu basah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengontrol penyiraman tanaman ini. Kami sarankan siramilah tanaman tin setiap 2-3 hari sekali, terutama apabila Anda menanamnya di pot/polybag. Sedangkan untuk penanaman bibit tin di tanah langsung harus dibuat bedengan untuk menghindari genangan air.

Jangan terlalu bernafsu menyirami pohon tin setiap hari sebab justru akan mematikannya. Sebenarnya kelemahan pohon tin ini dapat diatasi dengan menyambungnya bersama pohon loa. Karena masih sama-sama dalam genus Ficus, tin bisa disambung dengan loa yang notabene mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat. Batang tin yang telah disambung dengan loa akan lebih tahan terhadap air. Sehingga Anda bisa menyiraminya setiap hari.

Berikan Nutrisi Perangsang Buah

Kalau Anda mau pohon tin yang Anda budidayakan cepat berbuah, perawatannya tidak boleh lepas dari pemakaian bahan-bahan pemberi nutrisi yang dapat merangsang pembentukan buah dalam waktu yang lebih cepat. Sebab jika Anda hanya mengandalkan metode alami saja tanpa memaksa tanaman tin agar lekas menghasilkan buah, maka waktu berbuahnya pun bakal cukup lama. Tenang saja. Penggunaan bahan-bahan perangsang ini aman kok. Buah-buah tin yang dihasilkannya tetap aman dikonsumsi tanpa memiliki efek samping kesehatan.

Beberapa pupuk perangsang buah yang dapat Anda gunakan untuk menutrisi pohon tin supaya lebih cepat menghasilkan buah yaitu ab mix, pupuk slow release organik, dan pupuk mkp. Berikan pupuk ab mix sebanyak 2 kali/minggu dengan dosis sesuai anjuran pada kemasannya. Anda juga perlu memberi pupuk slow release organik seperti nafos guano dan vedagro setiap 2-3 minggu. Dosisnya sesuai anjuran di kemasannya. Barulah setelah muncul bakal buah tin di atas ketiak daun, Anda bisa memberikan pupuk mkp.