3 Macam Fungisida Sistemik yang Harus Anda Tahu

Apa sajakah macam-macam fungisida sistemik itu? Fungisida merupakan obat pembasmi jamur dan cendawan yang menyerang tumbuh-tumbuhan. Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengobati tanaman-tanaman budidaya yang sakit. Kebanyakan dari penyakit tanaman disebabkan oleh aktivitas jamur dan cendawan. Dengan diberantasnya jamur/cendawan tersebut, maka diharapkan tanaman pun bisa menjadi sehat kembali.

Tahukah Anda, fungisida yang dijual di toko-toko tanaman terdiri dari berbagai jenis menurut karakteristiknya. Salah satu di antaranya yang paling sering kita gunakan adalah fungisida yang berjenis sistemik. Menariknya ialah fungisida sistemik ini pun dapat dibedakan lagi menjadi tiga macam antara lain fungisida sistemik akropetal, fungisida sistemik basipetal, dan fungisida true sistemik. Mari kita berkenalan dengan masing-masing jenis fungisida sistemik tersebut.

Berikut ini macam-macam fungisida sistemik yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

  1. Fungisida Sistemik Akropetal

Fungisida sistemik akropetal adalah fungisida yang dapat bergerak menyebar dari bawah ke atas. Jadi fungisida ini akan bergerak dari bagian pangkal tanaman menuju ke bagian ujungnya. Fungisida sistemik akropetal bergerak melalui pembuluh kayu (xylem) dengan mengikuti pergerakan air tanah dari akar ke daun. Adapun produk fungisida jenis ini yang paling banyak beredar di pasaran.

  1. Fungisida Sistemik Basipetal

Fungisida ini memiliki perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan fungisida sistemik akropetal. Fungisida sistemik basipetal memiliki gerakan dari bagian ujung tumbuhan menuju ke bagian pangkalnya. Arah pergerakannya adalah dari atas ke bawah. Dapat disimpulkan kalau fungisida ini merupakan kebalikannya dari fungisida pertama. Gerakan fungisida sistemik basipetal mengikuti gerakan hasil fotosintesis dengan melalui pembuluh tapis (floem).

  1. Fungisida True Sistemik

Jenis fungisida sistemik yang ketiga ialah fungisida true sistemik atau fungisida sistemik nyata. Diberi sebutan demikian sebab fungisida ini dapat bergerak secara leluasa dan dinamis. Yaitu dari atas ke bawah maupun dari bawah ke atas. Pergerakan fungisida true sistemik bisa lewat pembuluh kayu dan pembuluh tapis suatu tanaman. Fungisida ini biasanya digunakan untuk mengendalikan penyakit yang sangat serius dalam waktu yang lebih cepat.