3 Ciri-ciri Setek Batang Tanaman yang Berhasil

Anda bisa memperbanyak tanaman menggunakan metode setek batang. Ini merupakan teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif yang paling mudah dilakukan. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat menyetek batang tanaman. Bahkan bagi Anda yang masih awam pun dapat melakukan setek batang tanaman ini sendiri. Tapi sayangnya peluang keberhasilan perbanyakan tanaman menggunakan setek batang tidak sebesar metode cangkok batang.

Hampir semua tanaman bisa diperbanyak menggunakan teknik setek batang. Contohnya seperti mangga, mawar, melati, puring, tin, dan lain-lain. Syarat utamanya yaitu tanaman tersebut harus mempunyai batang yang mengandung lapisan kayu. Lapisan kayu inilah yang akan menjadi bekal makanan bagi batang tanaman selama proses penyetekan berlangsung. Beberapa tanaman mudah untuk disetek. Namun tidak sedikit pula batang tanaman yang sulit menumbuhkan akar.

Proses penyetekan batang tanaman dilakukan dengan menanam batang di media tanam yang sesuai untuk merangsang pertumbuhan akar. Batang yang digunakan untuk bahan setek harus dipilih batang yang sudah cukup tua. Diameter batang tersebut minimal sebesar pensil dengan warna cokelat gelap. Guna memperbesar peluang keberhasilannya, Anda dapat melakukan penyungkupan untuk mengurangi tingkat penguapan batang yang sedang disetek.

Perbanyakan tanaman yang Anda lakukan dengan metode setek batang dikatakan berhasil jika menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :

Daun Pucuknya Masih Segar

Saat Anda melakukan perbanyakan dengan metode setek batang sebaiknya pilihlah batang yang mempunyai pucuk daun. Anda dapat mengamati apakah batang tersebut tumbuh atau tidak dengan memperhatikan kondisi pucuknya. Batang setek yang berhasil tumbuh ditandai dari kondisi pucuknya yang tidak mengering, menghitam, atau rontok. Kondisi pucuk tersebut akan tetap segar, berwarna hijau, dan lama-kelamaan mekar menjadi daun.

Tumbuh Tunas Daun yang Baru

Setelah daun pucuk berhasil mempertahankan diri, selanjutnya batang akan berusaha untuk memulai kehidupan barunya. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya tunas daun yang baru pada batang tersebut. Tunas ini bisa muncul dari bagian paling atas batang atau pun dari ketiak daun. Tumbuhnya tunas daun yang baru ini menandakan kalau proses penyetekan yang Anda lakukan kemungkinan besar akan berhasil. Anda hanya perlu terus merawatnya saja.

Akar Memenuhi Media Tanam

Kami sarankan untuk menggunakan pot atau polybag yang berwarna transparan pada saat Anda menyetek batang tanaman. Apa tujuannya? Supaya Anda bisa mengamati pertumbuhan akar tanaman tersebut nantinya. Dalam menyetek batang, mula-mula kita hanya menanam batang saja. Lama-kelamaan akan tumbuh akar di bagian bawah batang ini. Semakin lama, jumlah akar yang ditumbuhkan oleh batang akan semakin banyak. Jika akar tersebut sudah memenuhi media tanam, maka penyetekan yang Anda lakukan sudah sepenuhnya berhasil.