3 Cara Merangsang Tanaman agar Menjadi Variegata

Tanaman mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanaman menyediakan udara segar yang mengandung oksigen sebagai unsur utama bagi manusia untuk bernapas. Tanpa tumbuhan, manusia dan binatang tidak dapat hidup. Jadi sebenarnya manusia lah yang membutuhkan tanaman. Bagi manusia, tanaman bukan hanya penghasil oksigen semata. Tapi tanaman juga mampu menciptakan suasana yang asri serta lingkungan alami yang menarik berkat keindahannya.

Keindahan tanaman layak menjadikannya sebagai penghias. Tidak hanya bunganya saja yang berwarna-warni, tetapi daun tumbuh-tumbuhan pun memiliki warna yang beraneka rupa. Bahkan beberapa daun tanaman mempunyai warna belang-belang atau istilahnya variegata. Faktanya ialah beberapa tanaman memang memiliki daun yang berjenis variegata. Namun tidak sedikit pula belang-belang pada daun ini merupakan hasil dari tindakan rekayasa yang dilakukan oleh manusia.

Yap, kita memang dapat membuat daun suatu tanaman yang sebelumnya normal berwarna hijau polos menjadi belang-belang (variegata). Cukup dengan memberikan rangsangan-rangsangan tertentu kepada tanaman tersebut, maka daun yang dihasilkannya bakal menjadi variegata.

Kiat I. Gunakan Herbisida

Sebenarnya herbisida merupakan bahan pembasmi gulma. Anda bisa memanfaatkan herbisida ini untuk memberantas gulma yang tumbuh di lahan. Cukup dengan menyemprotkannya ke arah tanaman gulma yang dimaksud, niscaya gulma tersebut akan mati sampai ke akarnya. Ternyata kita juga dapat memakai herbisida untuk membuat tanaman menjadi variegata loh. Herbisida ini kita gunakan untuk membuat kondisi tanaman menjadi sekarat sehingga pertumbuhannya tidak normal.

Merangsang tanaman agar berubah menjadi variegata menggunakan herbisida mempunyai risiko yang sangat tinggi. Sebab herbisida pada dasarnya merupakan racun tanaman. Bukan tidak mungkin tanaman yang sedang dirangsang tersebut malah akan mati akibat keracunan. Triknya yaitu pakailah herbisida dalam dosis yang sangat kecil tepat di titik tumbuh tanaman, kemudian perhatikan hasilnya. Dibutuhkan percobaan beberapa kali sampai belang-belang yang dihasilkan nampak jelas.

Kiat II. Bungkuslah Daunnya

Kalau mau menggunakan trik sederhana dengan risiko yang rendah untuk membuat tanaman menjadi variegata, Anda bisa membungkusnya. Trik ini biasanya cukup efektif untuk merangsang daun tanaman berubah menjadi variegata. Pembungkusan dilakukan di sebagian permukaan daun. Anda bisa memakai kain atau plastik yang berwarna hitam untuk membungkus daun tanaman. Hasilnya yaitu warna bagian daun yang terbungkus ini nantinya akan semakin gelap. Sedangkan bagian daun yang tidak terbungkus akan berwarna semakin cerah.

Kiat III. Manfaatkan Semut

Kalau ada banyak semut di sekitar tempat tinggal Anda, Anda bisa mengubahnya menjadi bahan khusus untuk merangsang pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. Caranya yaitu semut-semut ini dikumpulkan, lalu dihaluskan dan diambil air sarinya saja. Nah, air sari semut inilah yang kita pakai untuk membuat pertumbuhan tanaman menjadi abnormal. Anda bisa menyiramkan air sari semut ini tepat di titik tumbuh tanaman setiap seminggu sebanyak 3-4 kali berturut-turut. Pertumbuhan tunas daun baru yang terkena air sari semut ini akan menjadi rusak dan warnanya pun menjadi belang-belang.