3 Cara Mengatasi Hama Semut Pada Pohon Tin

Bagi Anda yang mempunyai tanaman tin, kami ingatkan untuk berhati-hati dan tetap waspada. Teruslah merawat tanaman ini dengan baik. Pasalnya ada cukup banyak hama yang bisa menyerang tanaman ini kapan saja. Apalagi ketika tanaman tersebut sudah memiliki buah, maka jumlah hama yang menyerang bakal semakin banyak. Salah satu hama yang kerap ditemukan menyerang tanaman tin adalah semut. Semut-semut ini tertarik terhadap buah tin yang rasanya sangat manis.

Buah tin memang memiliki rasa yang manis sekali. Beberapa varietas buah tin bahkan mempunyai rasa yang sangat manis menyerupai madu. Maka tak heran kalau semut tergoda untuk mencicipinya. Namun Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini terus-menerus terjadi. Karena semut dapat mengakibatkan dampak buruk bagi tanaman tin. Pohon tin Anda akan terganggu pertumbuhannya apabila semut-semut tersebut dibiarkan. Oleh sebab itu, Anda harus lekas mengatasinya.

Di bawah ini beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan semut pada pohon tin!

Manfaatkan Mentimun

Kalau Anda ingin menggunakan cara alami untuk mengatasi semut yang menyerang tanaman tin, kami sarankan pakailah buah mentimun. Ya, ternyata buah mentimun ini sangat ampuh loh melindungi pohon tin dari serangan semut. Gerombolan semut tidak akan berani melewatinya. Caranya yaitu Anda tinggal memotong buah mentimun berbentuk kotak-kotak layaknya hendak membuat acar. Kemudian tebarkan potongan buah mentimun di sekeliling batang tanaman. Usahakan letakkan potongan-potongan buah mentimun ini mengelilingi batang pohon tin seperti membentuk pagar.

Goreskan Kapur Ajaib

Anda juga bisa memanfaatkan kapur ajaib untuk mencegah semut menyerang pohon tin. Bahkan kapur ajaib efektif sekali memberantas semut serta mematikannya. Dijamin semut yang sudah tahu kalau di batang tanaman tersebut ada kapur ajaibnya tidak akan berani ke sana lagi. Sebab kalau dia masih tetap ngeyel, semut ini pasti akan mati saat terkena serbuk kapur ajaib. Anda bisa memperoleh produk kapur ajaib di apotek terdekat. Goreskan kapur ajaib tersebut mengelilingi batang tin dengan goresan yang cukup tebal. Ulangi setiap 3-5 hari hingga semut merasa kapok untuk menyerang tanaman lagi.

Pakailah Pasta Kambium

Di pasaran sudah ada produk khusus yang dapat digunakan untuk mengendalikan serangan semut pada tanaman tanpa menyebabkan efek negatif terhadap tanaman tersebut. Namanya yaitu pasta kambium. Anda juga bisa memakai produk ini untuk menyelamatkan pohon-pohon tin Anda dari serangan semut. Dapatkan produk pasta kambium di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Adapun cara menggunakannya yaitu Anda tinggal mengoleskan pasta kambium ini mengelilingi batang tanaman tin. Niscaya tidak bakal ada lagi semut yang menyerang tanaman tersebut.