3 Cara Mengatasi Anggrek yang Busuk Daun

Anda pasti sepakat kalau kami mengatakan anggrek merupakan tanaman dengan bunga yang sangat indah. Kombinasi sempurna antara kelopak bunga, tangkai, dan postur tanamannya membuat banyak orang terpesona dengan keelokan bunga yang satu ini. Bunga anggrek juga mempunyai aroma wangi yang sungguh khas. Anda tidak bisa menemukannya di bunga yang lain. Maka tak heran kalau banyak orang yang mengoleksi bunga anggrek.

Biasanya sih orang-orang menanam bunga anggrek ini di pot. Pesona pot yang digunakan akan menambah daya tarik tanaman anggrek itu sendiri. Anda harus merawatnya dengan baik agar tanaman ini tumbuh subur. Salah satunya dengan menyiram tanaman secara berkala dan benar. Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik anggrek ialah menyiram tanaman secara berlebihan hingga membuat daun-daunnya membusuk.

Busuknya daun anggrek juga bisa disebabkan oleh penyakit. Penyakit busuk daun pada anggrek memiliki gejala awal antara lain timbulnya bercak-bercak berwarna gelap di daun, tekstur daun menjadi lunak dan berair, turgor tanaman menghilang, serta daun akan mengeluarkan aroma busuk yang khas. Lambat laun penyakit ini akan menyebar hingga ke bagian pucuk tanaman yang merupakan titik tumbuh sehingga mengakibatkan tanaman mati.

Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya antara lain :

Memotong Bagian Tanaman yang Terserang

Penyakit busuk daun yang menyerang tanaman anggrek bisa menyebar sangat cepat melalui jaringan pengangkut. Untungnya tanaman sudah mempunyai mekanisme pertahanan secara alami. Tanaman akan menghambat jaringan pengangkut yang terinfeksi memakai metabolit sekunder. Setelah itu, bagian tanaman pun akan mengering. Namun untuk amannya, Anda bisa memotong bagian tanaman yang terserang lalu mengoleskan alkohol/fungisida.

Menggunakan Larutan Sublimat 0,1%

Penyakit pucuk daun yang menyerang anggrek disebabkan oleh Pesudomonas aeruginosa. Upaya pemberantasan terhadap bercak-bercak kecil yang ada di permukaan daun bagian atas dapat dilakukan menggunakan larutan sublimat 0,1%. Caranya adalah Anda oleskan bagian tanaman yang terinfeksi menggunakan larutan ini. Larutan yang mengandung senyawa khlor tersebut sangat ampuh dalam memberantas penyakit tanaman yang disebabkan bakteri.

Memakai Streptomycin dan Terramycin

Selain menggunakan antibakteria, Anda juga bisa memanfaatkan antibiotika dalam melawan penyakit busuk daun. Adapun antibiotika yang biasa digunakan dalam pertanian yaitu formula Streptomycin dan Terramycin. Antibiotika sudah terbukti berhasil mengurangi infeksi soft rot pada tanaman. Infeksi penyakit dapat dihentikan seketika. Sayangnya formula ini tidak boleh digunakan secara besar-besaran karena dapat menimbulkan dampak residu.