Langkah-langkah Menanam Apel India dalam Pot

Apakah Anda ingin belajar menanam apel india dalam pot? Putsa (Ziziphus mauritiana) adalah tanaman buah yang termasuk dalam famili Rhamnaceae. Di Indonesia, tanaman tropis ini biasa disebut pula sebagai apel india karena mempunyai buah yang berbentuk menyerupai apel. Buah tersebut berwarna kehijau-hijauan dengan diameter sekitar 3-5 cm. Untuk memperbesar ukuran buahnya, Anda bisa melakukan penjarangan buah.

Pohon putsa berupa semak berduri yang memiliki daun dan batang berwarna hijau. Di habitat alaminya, pohon ini bisa tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 10-12 m. Buah putsa memiliki rasa yang manis dengan daging buah berwarna putih. Sedangkan kulit buahnya bertekstur halus dan berwarna hijau.

Tanaman putsa tergolong mudah ditanam di berbagai kondisi media tanam. Bahkan konon tanaman ini tetap mampu hidup dengan baik meskipun yang tersisa hanyalah bagian akarnya saja. Idealnya, pohon putsa dibudidayakan pada ketinggian 10-1500 m dpl. Tidak ada persyaratan khusus mengenai suhu dan curah hujan yang dimiliki oleh suatu daerah. Yang paling penting adalah tanaman putsa harus selalu mendapatkan sinar matahari minimal 5 jam/hari.

cara-menanam-apel-india.jpg

Jika Anda sudah membeli bibit apel india di TokoTanaman.com dan bermaksud menanamnya di pot, Anda bisa mengikuti langkah-langkah panduannya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Bibit apel india
  • Pot berdiameter minimal 30 cm
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Sekam padi
  • Pecahan genteng
  • Cetok
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Bibit apel india yang sudah Anda terima sebaiknya tetap dibiarkan berada di dalam polybag terlebih dahulu selama 3-5 hari. Tujuannya supaya bibit tersebut dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan barunya. Kalau perlu, pangkaslah beberapa bagian tanaman yang mengalami kematian selama dalam perjalanan. Letakkan bibit tersebut di tempat yang lembab, tetapi bisa mendapatkan sinar matahari langsung.
  2. Buatlah media tanam untuk menanam pohon apel india. Caranya Anda bisa mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2:2:3. Setelah itu, bahan-bahan ini diaduk beberapa kali supaya tercampur rata. Disarankan menggunakan tanah pada lapisan atas karena mengandung humus sehingga lebih subur.
  3. Masukkan beberapa pecahan genteng ke dalam pot tanaman Anda. Pecahan genteng ini berguna sebagai alas media tanam untuk menahan agar media tanam tersebut tidak gampang hanyut terbawa air.
  4. Isilah pot dengan media tanam hingga ketebalannya mencapai 10 cm. Buka polybag yang menjadi wadah pertumbuhan bibit putsa Anda. Anda bisa menggunting bagian dasar polybag ini secara melingkar, kemudian lepaskan bagian sisinya. Kemudian tanamkan bibit tersebut ke dalam pot. Tahan posisinya agar tetap tegak ke atas. Isi kembali pot memakai media tanam hingga penuh.
  5. Pot yang telah ditanami bibit apel india sebaiknya ditaruh di tempat yang teduh terlebih dahulu. Misalnya di bawah pohon mangga. Dengan begini, tanaman putsa tidak mengalami proses penguapan secara berlebihan. Anda bisa menyiram pot dengan air secukupnya untuk meningkatkan kelembaban media tanam.
  6. Perawatan tanaman putsa di pot dilakukan dengan menyiramnya secara berkala minimal sehari sekali atau tergantung kondisi cuaca dan media tanam. Agar tanaman ini tumbuh subur, Anda wajib memberikan pupuk susulan setiap sebulan sekali. Lakukan juga penyiangan terhadap gulma yang tumbuh di dalam pot.