Kiat-kiat Ampuh agar Pohon Mangga Cepat Berbuah

Masyarakat Indonesia pada umumnya suka menanam pohon mangga. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pohon mangga yang tumbuh di pekarangan. Mangga memang memiliki rasa yang sangat nikmat. Pohonnya juga rimbun sehingga bisa membuat suasana rumah tinggal menjadi lebih teduh dan tidak panas. Anda bisa mempertimbangkan menanam pohon mangga ini di salah satu sudut pekarangan rumah Anda.

Apakah Anda sudah menanam bibit mangga di rumah? Tetapi setelah dirawat bertahun-tahun lamanya, pohon mangga tersebut tidak kunjung menghasilkan buah juga. Anda pun menjadi bingung sendiri apa penyebab kondisi ini. Anda yakin usia pohon tersebut telah cukup dewasa sehingga sudah waktunya bagi pohon mangga ini menghasilkan buah. Namun faktanya adalah pohon mangga tersebut sama sekali belum pernah berbuah.

pohon-mangga-cepat-berbuah.jpg

Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, kami mempunyai kiat-kiat yang ampuh untuk mengatasinya sehingga pohon mangga tadi lekas berbuah.

Kiat 1. Melukai Batang

Anda bisa melukai pohon mangga dengan mengupas atau mencacah batangnya menggunakan golok. Tujuannya untuk memperkecil dan menghambat suplai karbohidrat dari hasil proses fotosintesis. Kita harus memutus jaringan floem pada batang tanaman yang notabene berguna sebagai alat transportasi hasil fotosintesis, air, dan garam mineral. Dengan berkurang atau terputusnya suplai tersebut dapat merangsang pembungaan pada pucuk tanaman.

Kiat 2. Mengeringkan Tanaman

Mengeringkan tanaman juga bisa menjadi metode alternatif untuk memicu pohon mangga menghasilkan bunga. Proses ini sebenarnya sudah berlangsung secara alami pada musim kemarau. Namun di beberapa tempat yang memiliki curah hujan cukup tinggi, Anda perlu membantunya. Sebenarnya pengeringan pohon mangga mempunyai tujuan utama untuk menghambat penyerapan unsur nitrogen di tanah sehingga merangsang pertumbuhan bunga.

Kiat 3. Memangkas Cabang

Anda juga perlu melakukan pemangkasan secara berkala untuk membuat pohon mangga menjadi lebih produktif dalam menghasilkan buah. Sebab melalui proses pemangkasan ini, cabang-cabang tanaman yang lebih produktif akan tumbuh. Pemangkasan ditujukan terhadap bagian cabang pohon mangga yang kondisinya tidak normal, sudah tua, atau berpenyakit. Anda cukup memotongnya menggunakan pisau golok yang tajam.

Kiat 4. Memberikan Pupuk

Pupuk merupakan sumber makanan bagi tumbuh-tumbuhan. Pupuk menyediakan nutrisi bagi pohon mangga untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian pupuk sangat penting agar pohon rajin berbuah. Hal ini dikarenakan proses pembentukan buah butuh unsur hara yang banyak sebagai bahan bakunya. Anda bisa memberikan pupuk NPK atau ZPT dengan dosis yang tepat untuk membantu merangsang tumbuhnya bunga dan buah.