Kelebihan dan Kekurangan dari Bibit Hasil Cangkok

Apakah kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok? Terdapat 2 metode bagi tanaman untuk melakukan perkembangbiakkan. Di antaranya yaitu metode generatif/alami dan metode vegetatif/buatan. Metode generatif adalah proses perkembangbiakkan tanaman yang terjadi secara alamiah. Sedangkan metode vegetatif membutuhkan peran serta manusia yang sangat besar untuk mendukung prosesnya. Contohnya yaitu cangkok, okulasi, dan setek.

Mencangkok bertujuan untuk menumbuhkan akar di cabang tanaman. Prosesnya dikerjakan dengan mengikis bagian kulit cabang terlebih dahulu, lalu menutupinya menggunakan media tanam yang subur untuk merangsang pertumbuhan. Setelah cabang tersebut berhasil menumbuhkan akar dalam jumlah yang cukup banyak, Anda bisa memisahkannya dari tanaman induk. Mencangkok hanya bisa dilakukan kepada tumbuh-tumbuhan yang mengandung kambium.

kelebihan-kekurangan-cangkok.jpg

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki cangkok dibandingkan dengan metode perbanyakan tanaman yang lainnya.

  1. Tanaman hasil cangkokan mempunyai sifat dan karakteristik yang sama persis dengan tanaman induknya.
  2. Bibit tanaman yang diperoleh dari teknik mencangkok jauh lebih cepat menghasilkan buah daripada bibit yang berasal dari biji.
  3. Prosesnya sangat mudah dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi sebab seluruh prosesnya berlangsung di tanaman indukan.
  4. Tingkat produktivitas tanaman serta kualitas buah yang dihasilkannya pun tidak jauh berbeda dari mutu tanaman induknya.
  5. Bibit tanaman bisa ditanam di mana saja karena sudah mempunyai anggota tubuh lengkap serta daya tahan yang tinggi.

Di sisi lain mencangkok mempunyai kekurangan yaitu :

  1. Bibit tanaman yang berasal dari metode perbanyakan cangkok mempunyai sistem perakaran yang berjenis serabut.
  2. Tanaman tersebut gampang rubuh apabila diterpa oleh hembusan angin yang cukup kencang sebab akarnya tidak terlalu kuat.
  3. Jika dibandingkan dengan tanaman dari biji yang sudah berbuah, tingkat produksinya dalam menghasilkan buah lebih rendah.
  4. Metode ini tidak bisa memenuhi permintaan bibit yang besar sebab setiap tanaman induk hanya bisa menghasilkan beberapa bibit saja.
  5. Tanaman induk akan mengalami kerusakan pada bagian tajuknya sebab cabang harus dipotong untuk memisahkan bibit.

Bagaimana pun semua metode perkembangbiakkan tanaman mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mencangkok termasuk salah satu metode terbaik yang bisa Anda andalkan untuk membuat bibit tanaman. Tetapi Anda harus mengingatnya bahwa hanya tumbuh-tumbuhan yang memiliki lapisan kambium pada jaringannya yang dapat dicangkok. Silakan Anda bisa membaca beberapa panduan mencangkok tanaman yang sudah pernah kami buat di artikel sebelumnya.