Ini Dia Perbedaan Hama dan Penyakit

Apakah perbedaan hama dan penyakit? Tanaman harus dipelihara dengan benar agar dapat tumbuh optimal. Pemeliharaan terhadap tanaman ini wajib dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tanaman perlu disiram, diberi pupuk, dan dipangkas untuk mendukung pertumbuhannya. Begitu pula dengan penanggulangan hama dan penyakit harus dilaksanakan secara tepat sesuai gejala-gejala awal yang diperlihatkan oleh tanaman. Tanaman peliharaan Anda pasti bakal tumbuh maksimal jika semua ini terpenuhi.

Hama dan penyakit sama-sama dapat menimbulkan dampak yang merugikan kepada tanaman. Dari mulai pertumbuhan tanaman terganggu, produktivitasnya menurun drastis, sampai dengan tanaman mati secara tiba-tiba. Hama dan penyakit merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan fatal pada tanaman. Namun bila dilihat dari sumber penyebab serta hasil kerjanya, maka antara hama dan penyakit ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Kira-kira apa sajakah perbedaan keduanya?

perbedaan-hama-dan-penyakit.jpg

HAMA

Hama ialah perusak tumbuh-tumbuhan khususnya di bagian akar, batang, daun, dan bagian lainnya. Akibat yang ditimbulkan oleh serangan hama ini adalah pertumbuhan tanaman menjadi tidak sempurna hingga akhirnya mati. Kebanyakan hama merupakan organisme yang dapat dilihat dengan mata secara langsung. Misalnya seperti tikus, burung pipit, babi hutan, monyet, ulat, kutu, thrips, wereng, dan lain-lain. Hal ini membuat penanggulangan hama bisa lebih mudah daripada penyakit.

Adapun ciri-ciri hama di antaranya :

  1. Hama bisa dilihat secara langsung menggunakan mata tanpa memakai alat bantu penglihatan.
  2. Kebanyakan hama berasal dari kingdom animalia. Binatang tersebut merusak tanaman untuk mendapatkan makanan.
  3. Serangan hama cenderung merusak bagian tanaman tertentu saja sehingga tanaman masih bisa tumbuh.
  4. Namun dalam skala yang lebih besar, serangan yang terjadi secara terus-menerus dapat mematikan tanaman.
  5. Penanggulangan terhadap serangan hama lebih gampang dilakukan karena penyebabnya bisa diketahui pasti.

Hama yang menyerang organ tumbuh-tumbuhan umumnya berasal dari golongan hewan. Hama-hama ini secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu kelompok mamalia atau hewan menyusui, kelompok insekta atau serangga, dan kelompok aves atau burung.

PENYAKIT

Penyakit adalah segala sesuatu yang menyebabkan gangguan pada tanaman sehingga tanaman tersebut tidak bereproduksi sebagaimana mestinya dan mengakibatkan tanaman mati secara perlahan-lahan. Pada umumnya, penyakit ditimbulkan oleh serangan mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, dan cendawan. Penyebarannya melalui perantara angin atau binatang. Penyebab lainnya bisa juga diakibatkan oleh tanaman yang kekurangan zat-zat tertentu. Dampak dari serangan ini tidak terlihat langsung, melainkan terjadi secara pelan tetapi pasti.

Berikut ini ciri-ciri dari penyakit tanaman antara lain :

  1. Sumber yang menyebabkan timbulnya penyakit sulit dilihat mata secara langsung.
  2. Kebanyakan penyakit disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, dan cendawan.
  3. Selain itu, penyakit juga bisa diakibatkan karena tanaman kekurangan zat-zat tertentu.
  4. Dampak dari serangan penyakit tidak langsung terlihat.
  5. Tanaman akan mati perlahan-lahan setelah terserang penyakit.

PERBEDAAN

Dari uraian di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa perbedaan antara hama dan penyakit adalah sebagai berikut :

  1. Hama disebabkan oleh organisme, terutama hewan. Sedangkan penyebab penyakit ialah mikroorganisme. Penyakit juga bisa timbul jika tanaman kekurangan zat tertentu.
  2. Penyebab hama bisa dilihat secara langsung menggunakan mata. Namun Anda perlu bantuan alat khusus untuk bisa melihat sumber penyebab penyakit.
  3. Dampak serangan hama terjadi pada saat itu juga. Tetapi dampak akibat penyakit akan terlihat secara perlahan-lahan namun pasti.
  4. Serangan hama umumnya hanya menimpa salah satu bagian organ tanaman. Berbeda dengan serangan penyakit yang merusak semu organ tanaman.
  5. Boleh dibilang penanggulangan terhadap serangan hama lebih mudah dikerjakan jika dibandingkan mengatasi serangan penyakit.