Ciri-ciri Tanaman yang Terserang Nematoda

Nematoda adalah filum mikroorganisme yang termasuk dalam Kingdom Animalia. Nematoda merupakan cacing-cacing mikroskopis. Bentuknya silindris memanjang dengan ukuran panjang 0,4-0,5 mm dan lebar 0,01-0,05 mm. Filum nematoda mempunyai anggota sebanyak 80.000 spesies, di mana 15.000 spesies di antaranya merupakan parasit. Nematoda sering menyerang tumbuh-tumbuhan. Ukurannya yang sangat kecil menyulitkan petani membedakan serangan nematoda dengan serangan penyakit.

Ciri-ciri nematoda antara lain :

  • Nematoda memiliki rongga badan dan saluran pencernaan. Rongga badannya dilapisi selaput seluler yang disebut speudosel atau psedoseloma.
  • Potongan melintang nematoda berbentuk bundar, tidak bersegmen, serta ditutup oleh kutikula yang disekresi oleh lapisan hipodermis.
  • Nematoda berukuran sangat kecil. Untuk dapat melihatnya secara jelas, Anda perlu menggunakan mikroskop.
  • Bentuk nematoda menyerupai cacing dengan bagian ujung dan pangkal yang meruncing. Hal ini membuatnya bisa menembus jaringan tanaman.

ciri-ciri-serangan-nematoda.jpg

Siklus hidup nematoda secara umum dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Bentuk dan struktur larva ini sangat mirip dengan nematoda dewasa. Setelah itu, larva berkembang dengan melakukan pergantian kulit di setiap akhir fase pertumbuhannya. Perlu diketahui, semua spesies nematoda memiliki empat fase kehidupan. Apabila kondisi di sekitarnya menguntungkan, nematoda bisa bertahan hidup selama 3-4 minggu.

Tanaman yang terkena serangan nematoda akan menunjukkan gejala-gejala awal tertentu. Anda bisa mengidentifikasinya dengan memperhatikan kondisi tanaman tersebut, baik bagian yang berada di atas permukaan tanah maupun di bawah permukaan tanah.

Gejala-gejala awal serangan nematoda yang tampak di atas permukaan tanah, antara lain :

  1. Pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal karena tunas, titik tumbuh, dan primordial bunganya terluka. Ciri-cirinya antara lain tunas atau titik tumbuh tanaman mati, batang dan daun mengerut, serta primordial bunga membentuk puru.
  2. Pertumbuhan tanaman tidak normal karena luka pada bagian dalam batang dan daun. Hal ini menyebabkan timbulnya penyakit seperti nekrosis, bercak daun, dan puru daun.

Gejala-gejala awal serangan nematoda di bawah permukaan tanah, meliputi :

  1. Terbentuknya puru akar
  2. Akar mengalami luka hingga membusuk
  3. Nekrosis pada permukaan akar
  4. Adanya luku kecil sampai sedang pada akar
  5. Percabangan akar yang berlebihan
  6. Beberapa ujung akar terluka dan mati
  7. Pertumbuhan cabang-cabang akar terhenti