Ciri-ciri Buah Durian Montong yang Asli

Apakah ciri-ciri buah durian montong yang asli? Buah durian dikenal sebagai rajanya buah. Hal ini bukannya tanpa alasan karena buah durian memang mempunyai cita rasa yang lebih nikmat daripada buah-buah lainnya. Kita beruntung sebab buah durian termasuk sebagai tanaman asli Indonesia. Ada banyak petani yang membudidayakan durian di lahannya. Itu sebabnya, harga buah durian di pasaran lokal tergolong terjangkau.

Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis dari buah durian ini. Salah satunya adalah buah durian montong. Durian montong sebenarnya ditemukan pertama kali di Negara Thailand oleh para peneliti setempat. Durian ini memiliki banyak sifat-sifat unggul. Bahkan kalau dibandingkan dengan durian-durian lokal, durian montong lebih unggul. Durian ini dengan mudah menarik perhatian masyarakat sehingga membuat harganya melambung tinggi.

ciri-ciri-durian-montong.jpg

Buah durian montong sendiri mempunyai ciri-ciri khusus antara lain :

  1. Daging buah durian montong memiliki warna yang sungguh menggoda selera. Warna tersebut adalah putih kekuning-kuningan. Semakin menguning artinya buah tersebut semakin matang dan rasanya akan semakin manis. Ini merupakan ciri khas yang hanya dimiliki oleh buah durian montong.
  2. Soal rasa, buah durian montong mempunyai rasa yang manis. Bahkan jika dibanding dengan buah durian lokal, rasa manisnya lebih kuat. Rasa manis tersebut berpadu pas dengan rasa gurih khas buah durian. Namun rasa gurih pada buah durian ini masih kalah jauh dengan gurihnya buah durian lokal yang lebih berlemak.
  3. Durian montong juga mempunyai daging buah yang lebih bertekstur dan masih padat. Hal ini berbeda dengan durian lokal yang umumnya memiliki tekstur yang cenderung lembek. Kondisi tekstur daging buah ini dikarenakan durian montong dipetik ketika masih mengkal, sedangkan durian lokal harus jatuh sendiri dari pohonnya.
  4. Keunggulan berikutnya dari durian montong terletak pada lapisan daging buahnya. Jenis durian yang satu ini mempunyai lapisan daging buah yang begitu tebal. Dijamin Anda pasti akan puas memakannya. Bayangkan seonggok buah durian montong yang manis-manis gurih ini lumer di dalam mulut Anda. Pastinya nikmat sekali!
  5. Ciri-ciri terakhir dari durian montong yaitu mempunyai biji yang ukurannya kecil. Jika Anda membandingkannya dengan biji durian jenis lainnya, ukuran biji durian montong ini lebih kecil. Hal ini pula yang membuat lapisan daging buah durian montong lebih tebal karena ukuran bijinya memang lebih kecil.