Cara Merawat Tanaman Kemuning agar Berbunga Terus-Menerus

Bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias yang memiliki bunga dengan aroma yang sungguh wangi dan semerbak, maka cobalah menanam tanaman kemuning. Kemuning (Murraya paniculata) adalah tanaman tropis berbunga harum yang dapat menghasilkan bunga sepanjang tahun. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini mampu tumbuh dengan tinggi hingga mencapai 7 meter loh. Bentuk daunnya sekilas mirip seperti daun jeruk tetapi lebih kecil. Bunganya terminal dan harum, petal 12–18 mm, panjang, putih. Buahnya akan berwarna merah sampai oranye jika sudah matang.

Anda dapat menanam kemuning di dalam pot. Ukuran tanamannya yang kecil membuat tanaman ini cocok sekali ditanam di pot. Sebisa mungkin pilihlah pot yang menarik untuk mendukung keindahannya. Tanaman kemuning di dalam pot ini akan terlihat semakin menarik tatkala sudah menghasilkan bunga. Perpaduan antara tanaman di pot dengan harum aromanya yang semerbak membuat pesonanya makin sempurna. Kalau mau, Anda juga bisa membuat bonsai dari kemuning loh.

cara-merawat-bunga-kemuning.jpg

Anda tentu menginginkan tanaman kemuning tersebut mampu menghasilkan bunga setiap hari. Kunci utamanya sih Anda harus merawat tanaman ini dengan baik ya. Perawatan yang tepat akan membuat kemuning tumbuh subur hingga berbunga setiap hari.

Gunakan Media Tanam yang Subur

Menanam kemuning sebaiknya dilakukan di media tanam yang subur supaya tanaman ini juga mampu tumbuh dengan baik. Media tanam yang subur maksudnya ialah media tanam yang mengandung bahan organik dan unsur hara yang banyak. Keduanya merupakan makanan alami bagi tumbuh-tumbuhan. Anda bisa membuat media tanam yang subur dengan mencampurkan antara tanah dan pupuk kandang memakai perbandingan 1:1. Pastikan tanah yang digunakan sudah dibersihkan ya.

Taruh di Tempat yang Mendapat Sinar

Jika Anda ingin memicu tanaman kemuning agar rajin berbunga, Anda dapat meletakkannya di tempat-tempat yang bisa menerima pancaran sinar matahari secara langsung. Yap, sinar matahari merupakan perangsang alami bagi tanaman supaya rajin menghasilkan bunga. Tanaman yang mampu memperoleh sinar matahari secara maksimal akan tumbuh subur serta dapat berproduksi dengan baik. Hal ini yang membuatnya berbunga setiap saat. Silakan Anda pilih tempat terbaik untuk menaruh tanaman Anda.

agar-kemuning-rajin-berbunga.jpg

Berikan Pupuk Tambahan Berupa NPK

Dalam menanam kemuning agar tumbuh subur dan rajin berbunga, faktor yang terpenting untuk Anda perhatikan yaitu tingkat kesuburan media tanamnya. Tanaman ini pasti akan berkembang dengan baik manakala ditanam di media tumbuh yang subur. Jangan lupa Anda harus memberikannya pupuk susulan secara berkala untuk menjaga kesuburan media tanam. Pupuk kandang wajib diberikan setidaknya 1 kali per tahun. Anda juga perlu memberikannya pupuk NPK sesuai dosis anjuran.

Gemburkan Tanah di Sekitar Tanaman

Penting juga untuk melakukan upaya penggemburan media tanam secara teratur untuk dapat memicu pertumbuhan akar-akar tanaman kemuning. Proses penggemburan tanah ini dilakukan di sekitar batang tanaman kemuning. Tujuannya semata-mata agar akar kemuning mampu tumbuh sempurna serta daya serap akar terhadap unsur hara di dalam tanah juga semakin maksimal. Caranya Anda bisa mencangkul media tanam tersebut memakai cetok atau sekop berukuran kecil.

Lakukan Pemangkasan secara Berkala

Kalau mau tanaman kemuning Anda rajin menghasilkan bunga serta jumlah bunganya pun banyak, maka mau tidak mau Anda harus melakukan pemangkasan terhadap tanaman tersebut. Meski Anda merasa sayang karena harus memotong cabang-cabang tanaman lalu membuangnya, tetapi pemangkasan ini memang wajib dilaksanakan untuk merangsang tumbuhnya cabang-cabang baru yang lebih produktif. Cabang tanaman yang baru tumbuh inilah yang akan rutin menghasilkan bunga kemuning.