Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Bagaimana cara merawat tanaman agar tumbuh subur? Mempunyai hobi bercocok tanam memang sangat bagus. Selain bermanfaat untuk menghilangkan kepenatan, adanya tanaman juga membuat suasana di rumah tinggal menjadi sangat menyenangkan. Apalagi bila tanaman yang dipelihara tersebut menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi, tentu rasa buah yang ditanam sendiri tidak ada duanya.

Merawat tanaman sebenarnya tidak terlalu susah kok asalkan Anda mengetahui bagaimana teknik dasar dalam pemeliharaannya. Biar tumbuh subur, kebutuhan nutrisi dan air pada tumbuhan harus terpenuhi dengan baik. Kondisi tanaman juga harus senantiasa sehat, serta terhindar dari berbaga hama dan penyakit.

merawat-tanaman-agar-subur

Nah, berikut ini kami bagikan panduan merawat tanaman biar subur!

Pupuk Kompos

Tanaman memerlukan asupan makanan yang salah satunya bisa didapatkan dari pupuk kompos. Jika kebutuhannya sedikit, Anda tidak perlu membelinya di toko pertanian karena pupuk ini bisa dibuat sendiri. Anda tinggal mengumpulkan sisa sayur-mayur ke dalam suatu wadah lalu membiarkannya selama beberapa hari supaya mengering. Jangan menggunakan sisa buah-buahan sebab kadar airnya yang tinggi akan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Setelah itu, pupuk ini tinggal ditaburkan ke dalam pot tanaman. Pemberian pupuk kompos sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing, atau sapi. Bersyukurlah jika Anda juga memelihara ayam di rumah sebab tanah yang terletak di bawah kandangnya bisa menjadi pupuk yang sangat kaya akan bahan organik. Tanah tersebut biasanya berwarna kehitam-hitaman dan memiliki tekstur yang gembur. Namun bila Anda tidak memelihara ayam, Anda bisa mengambil tanah di kebun yang banyak mengandung cacing. Taburkan tanah ini ke dalam pot tanaman secara rutin setiap sebulan sekali.

Mineral

Tambahan mineral untuk tanaman bisa diperoleh dari cangkang telur. Kandungan kalsium yang tinggi pada cangkang telur dapat membantu proses penyerapan air, perkembangan dinding sel, dan proses metabolisme sel. Sebelum diberikan ke tanaman, cangkang-cangkang telur ini perlu dihancurkan terlebih dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil.

Air

Tanaman juga membutuhkan air yang cukup untuk dapat hidup dengan baik. Kadar air yang dibutuhkan oleh tanaman ini berbeda-beda sesuai dengan karakteristiknya. Jadi Anda harus menyesuaikan intensitas pemberian air dengan kecenderungan dari tanaman tadi. Misalnya tanaman gelombang cinta harus disiram sebanyak dua kali sehari. Sedangkan penyiraman pada tanaman euforbia dilakukan setiap 2-3 hari sekali.