Cara Menyimpan Fumak di Kulkas agar Awet

Fumak adalah sayuran yang termasuk dalam famili sawi-sawian. Bentuknya mirip sekali dengan selada, tetapi bedanya adalah fumak mempunyai aroma wangi yang khas dan semerbak. Anda pasti akan mudah mengenalinya. Namun sayangnya, fumak tidak banyak tersedia di pasar. Belum terlalu banyak orang Indonesia yang mengonsumsinya. Sayuran ini biasanya dipakai dalam pembuatan chinese food. Olahan seafood juga akan terasa semakin nikmat setelah ditambah dengan sayuran fumak.

Bagi Anda yang hobi memelihara kura-kura, khususnya kura-kura darat (tortoise), Anda pasti juga pasti sudah akrab dengan fumak. Fumak sering kali digunakan sebagai makanan utama kura-kura, selain kembang sepatu dan kaktus centong, Anda bisa membeli fumak di pasar swalayan atau supermarket terdekat. Jangan kaget dengan harganya karena termasuk mahal. Mahalnya harga fumak disebabkan oleh stoknya yang terbatas, tetapi tingkat permintaan pasar cukup tinggi.

cara-menyimpan-fumak.jpg

Setelah berhasil mendapatkan fumak, Anda harus menyimpannya dengan baik supaya tahan lama dan tidak cepat busuk. Fumak mempunyai kandungan air yang tinggi hingga mencapai lebih dari setengahnya. Jika Anda meletakkan sayuran ini di dalam kulkas begitu saja, maka fumak tersebut pasti akan mudah membusuk. Anda harus menyimpannya dengan benar. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Fumak yang baru Anda beli bisa diletakkan di atas tampah, anyaman bambu, atau wadah yang berlubang-lubang. Letakkan fumak tersebut bersebelahan dan jangan saling bertumpukan.
  2. Letakkan wadah berisi fumak tersebut di tempat yang terbuka dan teduh. Biarkan fumak terkena angin selama 3-5 jam. Hal ini akan membuat kondisinya tidak terlalu basah dan lebih kering.
  3. Bungkuslah fumak menggunakan tisu dapur. Jika tidak ada, Anda juga bisa memakai kertas koran sebagai gantinya. Tisu dapur atau kertas koran ini akan menyerap air yang ada sehingga membuatnya bertahan lebih lama.
  4. Masukkan bungkusan tersebut ke dalam plastik pembungkus. Lantas Anda pun dapat memasukkannya ke dalam lemari es di bagian rak sayur. Kami jamin dengan cara ini maka fumak tersebut bakal aman selama penyimpanan.

Selamat mencoba!