Cara Menyemai Biji Mangga di Polybag Anti Gagal

Anda mungkin ingin menanam mangga di halaman depan rumah? Pohon mangga memang banyak dipelihara di Indonesia. Selain karena memiliki buah yang nikmat, bentuk pohon ini pun sangat rindang sehingga mampu menyejukkan lingkungan di sekitarnya. Maka tak heran kalau pohon mangga sering menghiasi pekarangan rumah-rumah di Indonesia yang memang memiliki udara yang panas. Adanya pohon ini akan menyejukkan rumah.

Menanam pohon mangga sendiri terbilang mudah. Anda bisa membeli bibit mangga di toko kami sesuai jenis mangga yang diinginkan. Kami menyediakan berbagai jenis bibit mangga dari yang biasa sampai mangga unik. Namun bila Anda ingin mendapatkan bibit mangga secara gratis, Anda bisa menyemainya sendiri dari biji. Jangan buang biji mangga karena Anda bisa menumbuhkannya menjadi pohon besar yang kelak menghasilkan buah mangga.

cara-menyemai-biji-mangga.jpg

Sekarang kita akan belajar menyemai biji mangga menggunakan media tanah. Adapun wadah penanaman yang kami rekomendasikan adalah polybag.

Alat dan Bahan :

  • Buah mangga
  • Tanah
  • Polybag
  • Pisau
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Anda sebaiknya menggunakan buah mangga yang telah matang. Buah yang matang dari pohonnya akan menghasilkan bibit yang lebih baik.
  2. Buang semua lapisan daging buah mangga sampai yang tersisa hanya bijinya saja. Hati-hati saat menggunakan pisau agar tidak melukai biji mangga.
  3. Bersihkan biji mangga dari sisa-sisa daging buah yang masih menempel di permukaannya dengan air. Cuci biji tersebut sampai bersih.
  4. Siapkan media tanam berupa tanah yang diambil di kebun. Bersihkan tanah tersebut dari batu, sampah, dan sisa tanaman lainnya.
  5. Siapkan polybag untuk tempat penyemaian biji mangga. Masukkan tanah ke dalam polybag hingga mencapai separuh dari total volumenya.
  6. Pegang biji mangga dengan posisi berdiri di dalam polybag. Usahakan posisi pangkal biji (bagian yang membulat) berada di sebelah atas.
  7. Isi kembali polybag dengan tanah sampai volumenya terisi penuh. Kemudian Anda bisa meletakkan polybag tersebut di tempat yang teduh.
  8. Selama proses penyemaian berlangsung, rawatlah biji mangga dengan menyiraminya setiap 2 hari sekali. Anda juga perlu mencabuti rumput yang tumbuh.
  9. Dalam waktu kurang dari 10 hari biasanya biji mangga sudah berkecambah. Setelah itu tumbuhlah batang dan daun dari biji hingga semakin meninggi.
  10. Jika tinggi batang sudah mencapai lebih dari 30 cm, Anda bisa memindahkan bibit mangga tersebut untuk ditanam langsung di tanah.