Cara Menyambung Bunga Kertas Warna-warni

Tanaman bunga kertas tidak pernah kehilangan pesonanya. Berbagai inovasi terus dilakukan untuk menghadirkan varian bunga kertas baru yang belum pernah ada sebelumnya. Pastinya varian baru ini mempunyai daya tarik tersendiri. Seakan belum puas menciptakan bunga kertas yang memiliki warna yang baru, para penghobi pun lantas mencoba membuat gebrakan baru dengan menghadirkan bunga kertas yang berwarna-warni.

Kami beri nama bunga kertas warna-warni karena dalam satu tanaman bougenville ini bisa menghasilkan berbagai macam bunga dengan warna yang berbeda-beda. Biasanya sih setiap tanaman unik ini mempunyai 3 macam warna bunga sekaligus. Tetapi ada juga yang sanggup memunculkan 4-5 macam warna bunga. Hal ini tentunya sangat unik dan menarik. Sudah tentu harga bibit bunga kertas warna-warni ini lebih mahal daripada bunga kertas biasa.

sambung-pucuk-bunga-kertas.jpg

Jika tertarik, Anda bisa membuat sendiri tanaman bunga kertas warna-warni. Pada dasarnya, kita memanfaatkan teknik sambung pucuk untuk membuat tanaman tersebut.

Alat dan bahan :

  • Tanaman bunga kertas indukan
  • Potongan cabang bunga kertas
  • Cutter
  • Tali plastik
  • Kantung plastik

Langkah-langkah :

  1. Anda perlu menyiapkan tanaman bunga kertas yang sudah cukup dewasa. Lalu siapkan juga 1-2 potongan cabang bunga kertas. Usahakan potongan cabang tersebut memiliki bunga dengan warna yang berbeda-beda.
  2. Siapkan cutter yang tajam dan higienis. Gunakan cutter tersebut untuk membelah potongan cabang bunga kertas tepat di tengah-tengahnya sepanjang 1 cm. Kemudian pangkaslah beberapa daunnya untuk mengurangi penguapan.
  3. Carilah cabang yang sudah cukup tua pada tanaman bunga kertas indukan. Potong cabang tersebut dengan menyisakan bagian pangkal sepanjang 5 cm. Gunakan cutter untuk mengiris kedua sisi cabang sehingga berbentuk lancip. Cabang ini nantinya digunakan untuk keperluan sambung pucuk.
  4. Ambil potongan cabang bunga kertas yang akan disambungkan ke tanaman indukan. Pasang potongan tersebut dengan cara memasukkan belahannya ke cabang tanaman indukan. Usahakan posisi pemasangannya lurus.
  5. Ikat sambungan yang sudah terbentuk menggunakan tali plastik. Anda mungkin perlu mengikatnya beberapa kali supaya posisinya benar-benar kuat. Setelah itu, sungkup atau bungkus memakai kantung plastik.
  6. Rawatlah tanaman bunga kertas ini seperti biasanya. Anda perlu menyiraminya setiap hari serta memberikan pupuk kandang setiap 1 bulan. Ciri-ciri sambung pucuk yang Anda lakukan berhasil yaitu tumbuhnya pucuk daun pada potongan cabang yang disambungkan.