Cara Menghilangkan Jamur Putih Pada Akar Bonsai

Hobi memelihara tanaman bonsai memang sangat menyenangkan. Tidak seperti tanaman hias pada umumnya, tanaman bonsai mempunyai pesona yang begitu indah. Tanaman bonsai ini memiliki bentuk layaknya pohon biasa, tapi ukurannya jauh lebih mini. Inilah yang membuat tanaman bonsai begitu spesial. Kita harus merawatnya dengan baik agar bonsai tersebut tetap dapat hidup di tengah-tengah keterbatasan pertumbuhannya.

Perhatikan kondisi tanaman bonsai Anda setiap hari. Waspada terhadap serangan hama atau penyakit yang setiap saat bisa menjangkitinya. Serangan penyakit pada tanaman bonsai tidak serta-merta langsung terjadi. Biasanya serangan tersebut diawali dengan gejala-gejala tertentu yang ditunjukkan oleh tanaman tersebut. Begitu pula di kasus serangan jamur putih terhadap akar tanaman bonsai, ada gejala-gejala awal yang ditunjukkannya.

cara-menghilangkan-jamur-putih.jpg

Di bawah ini gejala-gejala dari serangan jamur akar putih yang menjangkiti tanaman bonsai, antara lain:

  1. Serangan jamur mengakibatkan akar tanaman bonsai membusuk. Jika akar tersebut dibuka, maka nampak benang-benang berwarna putih kekuningan.
  2. Tanaman bonsai yang terserang akarnya lantas akan menjadi layu. Daunnya berubah warna menjadi hijau gelap dan kusam, lalu akhirnya kering dan gugur.
  3. Jika serangan tersebut terus dibiarkan, maka bagian batang tanaman akan menjadi busuk. Teksturnya lambat-laun akan melunak dan berwarna cokelat.

Tanaman bonsai yang sudah terlanjur terserang oleh jamur akar putih dapat diselamatkan dengan metode di bawah ini!

Ganti Media Tanam

Jamur putih yang menyerang tanaman bonsai akan membuat sarangnya di dalam pot. Jamur tersebut akan tumbuh semakin subur seiring dengan ketersediaan makanan berupa tanaman bonsai. Hingga pada akhirnya jamur-jamur ini akan memenuhi pot. Dalam memberantas jamur akar putih tersebut, ada baiknya Anda memulainya dengan mengganti media tanam. Gantilah media tanam yang sekarang karena pasti sudah banyak jamur di dalamnya. Gunakan media tanam yang telah disterilka sehingga bebas dari jamur dan mikroba berbahaya.

Bersihkan Akar dari Jamur

Setelah Anda mengeluarkan tanaman bonsai dari media tanamnya yang telah tercemari oleh jamur, jangan langsung menanamnya kembali. Anda harus membersihkan akar tersebut dari jamur. Bagian permukaan akar yang telah ditumbuhi jamur lantas dikerok menggunakan alat bantu yang tidak menimbulkan luka. Buanglah semua jamur dari akar tanaman sampai bersih. Kemudian potong bagian-bagian akar yang sudah terlanjur membusuk. Bekas kerokan dan potongan pada akar tersebut lantasi diolesi dengan fungisida.

Terapi dengan Fungisida

Setelah Anda menanam kembali pohon bonsai di media tanam yang baru, langkah selanjutnya ialah merawat tanaman tersebut. Perawatan harus dilakukan secara intensif mengingat kondisi tanaman yang sedang sakit. Anda harus mencegah jamur putih kembali datang dan menyerang akar tanaman bonsai lagi. Disarankan untuk memberikan fungisida secara berkala dalam kurun waktu 6 bulan berturut-turut sejak dilakukannya penggantian media tanam. Fungisida ini akan mencegah jamur tumbuh lagi dan melakukan serangan.