Cara Mengatasi Hama Ulat pada Tanaman Tin

Anda pasti merasa sangat bahagia karena melihat tanaman tin yang dipelihara selama ini bisa tumbuh dengan baik. Tanaman tersebut tumbuh subur sama seperti apa yang Anda inginkan. Lantas Anda pun terus merawatnya baik-baik dan berharap kelak tanaman tin ini akan berbuah banyak. Pasti akan sangat menyenangkan rasanya kalau Anda sekeluarga bisa menikmati buah tin sepuas-puasnya dari hasil kebun sendiri.

Akan tetapi, pertumbuhan tanaman tin tidak bisa terlepas dari masalah. Tanaman tin juga bisa diserang oleh hama yang merugikan dan mengganggu pertumbuhannya. Salah satunya yaitu ulat. Ulat merupakan wujud larva dari berbagai serangga. Biasanya larva kumbang, kupu-kupu, dan ngengat yang sering mengganggu tanaman tin. Ulat-ulat ini akan memakan daun dan buah sehingga mengakibatkan bagian tanaman tersebut mengalami kerusakan.

hama-ulat-pada-tin.jpg

Adapun cara mengatasi hama ulat pada tanaman tin adalah sebagai berikut :

Cara Mekanik

Pengendalian hama ulat secara mekanik dilakukan dengan memunguti ulat-ulat yang terlihat, kemudian memusnahkannya. Jika tidak tega, Anda harus membuang ulat-ulat ini ke lokasi yang cukup jauh dari perkebunan. Anda bisa mengambil ulat tersebut secara manual menggunakan tangan atau memakai alat bantu. Hati-hati pada kelompok ulat bulu sebab dapat menimbulkan gatal apabila terkena kulit secara langsung.

Cara Biologis

Hama ulat juga dapat dikendalikan secara biologi menggunakan bahan-bahan alami. Anda bisa membuat insektisida sendiri dari bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di dapur. Anda perlu menyiapkan 3 siung bawang putih dan 1 genggam cabai rawit. Rebus kedua bahan ini dengan segelas air. Lalu tambahkan 3 sendok makan sabun cuci piring ke dalamnya. Aduk agar semua bahan tercampur rata. Biarkan selama 24 jam. Supaya lebih mudah memakainya, masukkan cairan ini ke dalam botol semprot.

Cara Kimiawi

Tentu saja untuk mengendalikan hama ulat pada tanaman tin secara kimiawi dilakukan dengan insektisida dari bahan-bahan kimia. Di sini Anda bisa menggunakan insektisida yang sesuai dengan spesies ulat yang menyerang tanaman. Semprotkan insektisida tersebut secara merata ke seluruh bagian tanaman. Waktu penyemprotan sebaiknya dilaksanakan ketika kondisi cuaca sedang cerah. Niscaya ulat pun akan musnah sampai ke telur-telurnya.