Cara Menanam Pohon Cemara Udang di Pot

Bagaimana cara menanam pohon cemara udang? Bagi Anda yang suka dengan taman yang bergaya minimalis, Anda wajib memiliki tanaman cemara udang. Pasalnya tanaman ini mempunyai bentuk yang sederhana, tetapi indah. Daun-daunnya yang lembut dan tegas ini pun sangat sesuai dengan konsep minimalis. Kabar baiknya pohon cemara udang mudah ditanam lho!

Cemara dari famili Casuarinaceae terdiri dari kurang lebih 70 jenis tanaman. Salah satunya yang cukup terkenal adalah cemara udang (Casuarina equisetifolia). Cemara merupakan tumbuhan hijau abadi yang mempunyai bunga jantan dan bunga betina. Selain ditanam sebagai penghias taman, cemara udang juga kerap dibentuk menjadi tanaman bonsai.

menanam-pohon-cemara-udang.jpg

Bagi Anda yang ingin menanam cemara udang di pot, silakan ikuti panduan sebagai berikut :

Pengadaan Bibit

Bibit cemara udang bisa Anda beli di Toko Tanaman. Jika ingin mendapatkan bibit secara gratis, Anda bisa mencangkok pohon cemara udang yang biasanya dapat dijumpai di sepanjang pantai. Cara mencangkoknya yaitu pilih cabang yang berusia tidak terlalu tua sekira 3-5 tahun, subur, sehat, dan posturnya kokoh. Kupas lapisan kulit cabang tersebut sepanjang 8-10 cm hingga terlihat kambiumnya. Lalu kikir kembali lapisan kambium ini sampai bersih.

Setelah kondisi cabang yang dikelupas tadi sudah bersih, Anda bisa membungkus bagian yang telah dikuliti ini menggunakan plastik yang berisi media tanam. Tambahkan zat perangsang pertumbuhan akar seperti Rootone F bila perlu. Dalam waktu 5-6 bulan, cangkokan cabang tersebut sudah menampakkan hasilnya berupa akar yang tumbuh di media tanam. Kini Anda sudah bisa memisahkan/memotong bibit tersebut dari tanaman induk menggunakan gergaji.

Penanaman Bibit

Siapkan media tanam yang terdiri atas campuran tanah merah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Masukkan pecahan genteng ke dalam pot sebagai lapisan dasar. Kemudian masukkan pula media tanam ke dalam pot hingga memenuhi seluruh volumenya. Tanamkan bibit cemara udang ke dalam pot secara hati-hati. Letakkan pot di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung, lalu siramlah pot tersebut secukupnya untuk meningkatkan kelembaban udara.

Perawatan Tanaman

Pohon cemara udang perlu disiram secara berkala 1-2 kali/hari tergantung kondisi cuaca. Tanaman ini juga perlu diberikan pupuk kompos setiap sebulan sekali untuk menjaga kesuburan media tanam. Untuk memacu pertumbuhan daun, Anda juga bisa menambahkan pupuk NPK sebanyak 3 sendok teh/pot. Lakukan pemangkasan daun dan cabang tanaman setiap 3 bulan sekali untuk menjaga keindahan pohon cemara udang.