Cara Menanam Melati Air di Kolam

Bagaimana cara menanam melati air di kolam? Melati air (Echinodorus palaefolius) adalah tanaman air yang kerap dijadikan sebagai tumbuhan hias karena rajin berbunga. Bentuk daunnya pun sangat indah yakni semakin melebar ke atas. Beberapa jenis tanaman melati air yang biasa ditanam di Indonesia antara lain melati air variegata, melati air lokal, melati air bangkok, melati air daun merah, melati air tumpuk, dan lain-lain.

Melati air pada dasarnya merupakan tumbuhan yang sangat mudah ditanam. Bahkan Anda yang tidak pernah memiliki pengalaman bercocok tanam pun bisa memeliharanya. Tanaman ini membutuhkan tanah yang mengandung banyak air. Selanjutnya Anda harus mengondisikan supaya tanah tersebut selalu dalam keadaan lembab. Melati air juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit lho sebab mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik.

cara-menanam-melati-air.jpg

Jika Anda ingin menanam melati air di dalam pot, silakan ikuti panduan dari kami sebagai berikut!

  1. Persiapan Kolam

Tidak ada spesifikasi mengenai jenis kolam yang bisa digunakan untuk menanam melati air. Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam beton, kolam fiberglass, hingga pot ukuran besar yang diisi air. Selanjutnya kolam tersebut dikeringkan dan dijemur selama 2-3 hari untuk mematikan kuman dan bakteri yang ada di dalamnya.

  1. Penambahan Media Tanam

Perlu diperhatikan, melati air membutuhkan media tanam sebagai tempat pertumbuhan akarnya. Tanaman ini sangat menyukai media tanam yang mengandung jumlah air yang tinggi. Anda bisa menggunakan tanah liat yang mengandung lumpur dan dicampurkan dengan pupuk kandang secukupnya. Jika tidak mau repot, ambil saja tanah di sawah lalu masukkan ke dalam kolam. Isilah kolam memakai media tanam hingga memenuhi 1/3 dari total volumenya.

  1. Penanaman Bibit

Bibit melati air yang sudah Anda beli di TokoTanaman.com bisa langsung ditanamkan ke dalam kolam. Caranya, buatlah lubang tanam lalu masukkan seluruh bagian akar melati air. Usahakan posisi akar tersebut menyebar ke seluruh area kolam. Lanjutkan proses penanaman ini sampai seluruh bibit yang Anda miliki berhasil ditanamkan.

  1. Pengisian Air

Setelah semua bibit melati air sudah ditanam dengan baik, kini saatnya mengisi air ke dalam kolam tersebut. Gunakan air yang bersih untuk mengisi kolam. Isilah kolam dengan air hingga ketinggian muka air berada di posisi setengah ketinggian batang tanaman. Pastikan tidak ada tanaman yang tenggelam karena pasti akan membusuk.

  1. Perawatan Tanaman

Melati air tidak memerlukan penyiraman karena semua kebutuhan airnya sudah tercukupi dengan baik. Faktor yang perlu diperhatikan adalah pemupukan. Berikan pupuk NPK kepada tanaman ini setiap sebulan sekali untuk mendukung pertumbuhannya. Pupuk NPK yang akan diberikan ke tanaman jangan langsung disebar begitu saja ke dalam kolam. Pemberian pupuk ini harus dikerjakan dengan metode penyuntikan memakai selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, lalu pupuk NPK dialirkan lewat selang ini.

Demikian, semoga berhasil!