Cara Menanam Mawar Pelangi (Rainbow Rose)

Bagaimana sih caranya menanam mawar pelangi? Kalau ada orang yang bertanya apakah bunga yang paling cantik di dunia? Pasti Anda akan menyebutkan bunga mawar sebagai salah satunya. Bunga mawar memang begitu sempurna. Bentuknya yang indah ditambah dengan aromanya yang wangi mampu menghasilkan perpaduan yang dapat memesona semua orang. Maka tak heran jika mawar sangatlah berharga. Saking berharganya bunga ini sampai bunga mawar merah kerap dijadikan sebagai simbol cinta.

Tahukah Anda, bunga mawar tidak hanya berwarna merah. Secara alami, bunga mawar ada yang berwarna merah, putih, kuning, jingga, dan pink. Upaya pemuliaan dengan melakukan perkawinan silang antar tanaman lantas menghasilkan bunga mawar dengan warna baru yaitu biru, ungu, serta hitam. Bahkan sekarang sudah ada mawar pelangi yang mempunyai bermacam-macam warna di setiap kelopak bunganya. Bunga mawar pelangi atau rainbow rose flower ini tentunya sangatlah unik.

Bunga mawar pelangi pada hakikatnya sama seperti bunga-bunga mawar pada umumnya. Ciri khas bunga ini hanya terletak pada kelopak bunganya yang berwarna-warni. Ini berarti teknik perbanyakan tanaman mawar pelangi dapat dilakukan dengan metode stek batang dan cangkok. Beruntung bagi Anda yang mempunyai kenalan yang sudah berhasil menanam mawar pelangi sehingga Anda bisa meminta batangnya untuk ditanam kembali. Tapi mengingat mawar pelangi masih cukup langka di Indonesia, Anda bisa mencari jalan lain.

menanam-bunga-mawar-pelangi.jpg

Penanaman mawar pelangi bisa Anda lakukan menggunakan benih. Benih mawar pelangi adalah biji yang sudah siap ditanam. Anda bisa membelinya di www.tokotanaman.com dengan harga yang sangat murah. Pada dasarnya menanam benih mawar pelangi jauh lebih gampang daripada Anda harus mencangkok tanaman atau menanamnya menggunakan stek batang. Setelah benih tersebut Anda terima, silakan tanam dengan mengikuti panduan berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Benih mawar pelangi
  • Pot/polybag
  • Tanah
  • Pupuk kompos
  • Sekam padi

Langkah-langkah :

  1. Keluarkan benih mawar pelangi dari kemasannya, lalu taruhlah di atas mangkuk kecil. Mangkuk ini lantas dimasukkan ke dalam kulkas atau diletakkan di tempat yang cukup lembab untuk memicu perkecambahan. Biarkan benih tersebut selama 5-7 hari sampai menumbuhkan tunas dan akar.
  2. Siapkan media tanam yang terdiri atas campuran tanah, pupuk kompos, dan sekam padi dengan perbandingan 1:2:1. Aduk bahan-bahan tersebut agar tercampur secara merata. Media tanam yang sudah kemudian dimasukkan ke wadah penanaman.
  3. Anda bisa menggunakan wadah penanaman berupa pot atau polybag sementara. Pemilihan pot didasarkan apabila luas pekarangan Anda tidak terlalu besar sehingga menanam di pot bisa menjadi solusi untuk mengatasi lahan yang sempit. Sedangkan bila Anda ingin menanamnya langsung di tanah, sebaiknya benih mawar pelangi disemaikan terlebih dahulu di polybag untuk mempermudah pemeliharaannya.
  4. Setiap pot/polybag cukup ditanami benih mawar pelangi sebanyak satu biji. Tujuannya supaya masing-masing benih tersebut bisa tumbuh maksimal dengan menyerap semua air dan pupuk yang diberikan kepadanya. Kalau bisa, hindari menanam benih mawar pelangi secara berdesak-desakan.
  5. Untuk menanam benih rainbow rose, mulailah dengan membuat lubang pada media tanam menggunakan jari telunjuk Anda sedalam 1-2 cm. Setelah itu, benih yang sudah berwujud kecambah tadi ditanam dengan posisi tunas di bagian atas dan akarnya di bagian bawah. Lalu timbun kembali memakai tanah di sekitarnya.
  6. Pot/polybag yang telah berisi benih mawar rainbow lantas diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari cukup seperti di teras atau jendela. Kalau Anda ingin meletakkannya di lahan terbuka, jangan lupa pasang naungan di atasnya. Hindari meletakkan pot/polybag tersebut langsung di bawah terik matahari sebab benih yang kepanasan justru akan terbakar.
  7. Perawatan tanaman perlu senantiasa dilakukan dengan menyiram pot/polybag tadi hanya untuk membasahi media tanamnya. Jangan terlalu banyak menyiram air sebab dapat mengakibatkan benih membusuk. Lakukan penyiraman setiap kali kondisi media tanam terlihat agak mengering. Dalam waktu 45-60 hari, benih tadi sudah tumbuh menjadi bibit mawar pelangi yang siap dipindahkan ke taman.