Cara Menanam Labu Siam dan Merawatnya

Bagaimana cara menanam labu siam dan merawatnya? Dua faktor yang paling menentukan dalam pembudidayaan labu siam adalah penggunaan benih dan teknik penanamannya. Pemilihan benih labu siam yang berkualitas unggul dapat menghasilkan pertumbuhan tanaman yang bagus dengan panen yang melimpah. Beberapa kriterianya yaitu varietasnya jelas, memiliki tingkat keseragaman yang tinggi, dan kondisinya sehat.

Proses I : Tahap Pembenihan

Buah labu siam yang akan dipakai sebagai benih harus berumur tua, ukurannya besar, mempunyai permukaan yang mulus, serta bebas dari hama dan penyakit. Semua buah yang akan dijadikan indukan ini harus dibiarkan tetap di batangnya sampai umurnya sudah benar-benar tua. Barulah kemudian buah tersebut dipetik lalu diletakkan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi untuk melewati masa penyemaian.

Seiring berjalannya waktu, buah-buah labu siam ini akan berkecambah dengan menumbuhkan bagian tunasnya. Selanjutnya benih tersebut bisa Anda pindahkan ke lahan penanaman apabila ukuran tunasnya sudah mencapai panjang 10-20 cm dan mempunyai daun sebanyak 3-4 helai. Adapun kebutuhan bibit labu siam untuk keperluan budidaya di lahan terbuka sekitar 650 buah/hektar.

cara-menanam-labu-siam.jpg

Proses II : Tahap Penanaman

Lahan yang akan ditanami bibit labu siam perlu dibersihkan terlebih dahulu dari sampah, akar tumbuhan, dan sisa tanaman yang lain. Setelah itu, lahan dicangkul sebanyak 2 kali supaya strukturnya berubah menjadi gembur. Lahan tidak perlu dibuat bedengan, tetapi wajib dilengkapi dengan parit yang dibuat di sekeliling lahan dan di antara barisan tanaman. Kemudian buat lubang tanam yang berukuran 50 x 50 x 40 cm dengan jarak antar lubang 8 x 8 m. Taburkan pula pupuk kandang sebanyak 3-5 kg per lubang tanam untuk meningkatkan kesuburan tanah di sekitarnya.

Penanaman bibit labu siam dilakukan dengan memasukkan bagian buah tersebut ke dalam lubang tanam dengan tetap membiarkan bagian tunasnya muncul di permukaan tanah. Masing-masing lubang tanam bisa diisi dengan 2-3 bibit sekaligus. Berikutnya lubang tadi ditutup kembali memakai tanah yang bertekstur halus dengan lapisan tipis saja sampai permukaannya rata.

Setelah tanaman berusia 14 hari, berikan pupuk NPK dengan dosis 150 kg/hektar. Pantau terus kondisi dan tingkat pertumbuhan tanaman terutama selama waktu seminggu awal ini. Tanaman-tanaman yang tampak kurang sehat atau tingkat pertumbuhannya lambat perlu diganti dengan bibit labu siam baru yang usianya sama. Proses penyiangan juga harus dikerjakan sebelum tanaman labu siam tumbuh secara menjalar.

Proses III : Tahap Pemeliharaan

Proses penyiraman dilaksanakan memakai bantuan selang atau teko siram tergantung kebutuhan. Pada musim kemarau, tanaman ini perlu disiram sebanyak 3 kali setiap hari. Sementara saat musim penghujan, penyiraman tanaman wajib disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Pemasangan ajir/para-para dilakukan setelah tumbuhan labu siam mengeluarkan sulur. Bahan baku yang dipakai untuk pembuatan ajir yaitu bambu atau kayu sepanjang 2 m. Para-para ini lantas ditancapkan pada jarak 20 cm dari batang tanaman dengan kedalaman 50 cm agar tidak gampang rubuh. Setelah pemasangan semua ajir yang berdiri selesai, tahap selanjutnya adalah memasang ajir yang melintang dan membujur untuk menghubungkan tiap-tiap ajir tersebut.

Tanaman labu siam yang telah berusia 3-6 minggu perlu dipangkas untuk mengontrol pertumbuhannya. Caranya ialah memangkas cabang-cabang tua yang sudah tidak tumbuh lagi serta daun-daun yang juga sudah tampak kecoklat-coklatan. Tujuan diberlakukannya pemangkasan ini agar tunas tanaman dapat tumbuh secara merata dan menyebar dengan baik sehingga pertumbuhan buah labu siam pun melimpah dan optimal.

Sedangkan untuk penyiangan dikerjakan guna membersihkan kebun dari gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman labu siam. Tanaman labu siam yang terserang hama serta penyakit dan tanaman-tanaman lain yang tidak diharapkan tumbuh di lahan juga wajib disiangi. Sembari melaksanakan pekerjaan ini, disarankan pula untuk membersihkan lahan labu siam dan memperbaiki pematang.