Cara Menanam Labu Botol dari Biji

Labu botol (Lagenaria siceraria) atau bottle gourd ialah tanaman labu air yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae di genus Lagenaria. Dibandingkan tumbuhan labu air lainnya, labu botol mempunyai bentuk yang paling unik. Tanaman labu botol memiliki buah yang bentuknya mirip seperti botol. Itu sebabnya, buah labu botol ini sering dijadikan sebagai kerajinan tangan untuk membuat botol tradisional. Meski begitu Anda juga bisa memasaknya  menjadi sayuran kok.

Sebenarnya mudah sekali untuk menanam labu botol ini. Apalagi jika Anda tinggal di daerah dataran tinggi yang notabene memiliki kondisi cuaca yang cukup dingin. Anda bisa menanam labu botol menggunakan benih atau biji. Silakan Anda dapat membeli benih labu botol di toko kami yaitu www.tokotanaman.com. Kami jamin semua benih yang dijual di TokoTanaman.com mempunyai kualitas yang unggul. Kami juga memberikan garansi penuh terhadap kualitas benih tersebut.

cara-menanam-labu-botol.jpg

Berikut ini panduan dalam penanaman biji labu botol agar tumbuh dengan baik!

Alat dan bahan yang digunakan :

  • Biji labu botol
  • Kertas tisu
  • Air
  • Stoples
  • Polybag
  • Tanah
  • Pupuk kompos

Langkah-langkah penanaman :

  1. Masukkan 2 lembar kertas tisu ke dalam stoples. Kertas tisu ini kita gunakan sebagai media perkecambahan untuk biji labu botol.
  2. Tuangkan 3-5 tetes air ke kertas tisu untuk sekadar membasahi permukaannya. Usahakan kertas tisu tidak tergenangi oleh air.
  3. Letakkan biji labu botol di atas permukaan kertas tisu yang basah. Biji ini harus diletakkan berjejeran dan jangan ditumpuk-tumpuk.
  4. Pasang penutup stoples, lalu tutuplah dengan rapat. Taruhlah stoples ini di ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Selang 3-5 hari kemudian biji labu botol mulai berkecambah. Tandanya yaitu tumbuh akar dan batang dari biji tersebut.
  6. Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Masukkan media tanam ini ke polybag.
  7. Buat lubang tanam di polybag dengan kedalaman 5-10 mm. Setiap polybag hanya boleh diisi dengan maksimal 3 tanaman.
  8. Tanamkan benih labu botol yang sudah berkecambah pada lubang tanam. Hati-hati saat memindah tanamkan benih tersebut agar tidak merusak akarnya.
  9. Setelah benih berhasil ditanamkan, Anda bisa memindahkan polybag ke tempat terbuka agar bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh.
  10. Rawatlah benih labu botol dengan baik. Jagalah kondisi media tanam agar memiliki tingkat kelembaban yang pas. Anda bisa menyeraminya saat diperlukan.