Cara Menanam Kentang dalam Polybag

Kini Anda bisa menanam kentang sendiri menggunakan polybag. Ini merupakan alternatif yang bagus untuk mengatasi keterbatasan lahan. Penanaman kentang di polybag juga sangat menguntungkan, baik dalam penanaman bibit, pemeliharaan tanaman, maupun pemanenan umbi. Jadi tunggu apa lagi?

Untuk menanam kentang dalam polybag, Anda harus memastikan kalau tempat penanaman berada di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 m di atas permukaan laut. Sebab tanaman kentang tidak bisa tumbuh dengan baik dan memiliki tingkat produktivitas yang rendah manakala dipelihara di dataran rendah. Namun jika Anda hanya sekadar ingin menjadikan kentang sebagai tanaman pengisi pekarangan rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba.

menanam-kentang-di-polybag.jpg

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menanam kentang memakai wadah penanaman berupa polybag.

Persiapan Penanaman

Siapkan polybag dengan ukuran sesuai kebutuhan. Siapkan juga benih kentang yakni umbi kentang yang sudah mempunyai sedikit tunas. Jangan lupa siapkan pula media tanam yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Akan lebih bagus lagi apabila media tanam tersebut ditambah dengan pupuk kompos secukupnya.

Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam polybag, Anda perlu membuat lubang drainase sebanyak 4 buah pada sudut-sudut polybag. Walaupun tanaman kentang cenderung tumbuh subur saat ditanam di media tanam yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, tetapi tanaman ini akan mati bila terus-menerus berada di tempat yang becek. Setelah itu, isilah polybag tadi dengan media tanam hingga tingginya mencapai 2/3 dari total volume polybag. Dalam perawatannya nanti, Anda perlu menambahkan media tanam setiap sebulan sekali.

Penanaman Kentang

Umbi kentang sebaiknya jangan langsung ditanamkan ke dalam media tanam, melainkan umbi tersebut perlu dibibitkan terlebih dahulu. Caranya ialah meletakkan umbi-umbi ini di ruangan yang lembab sampai tumbuh beberapa tunas. Setelah tinggi tunas mencapai 2 cm artinya umbi tersebut siap ditanam di polybag. Tetapi sebelumnya Anda perlu memilih salah satu tunas yang paling baik dari setiap umbi kentang. Setiap polybag bisa diisi dengan 3-4 umbi kentang tergantung ukurannya. Umbi tersebut ditanamkan dengan kedalaman 7 cm.

Perawatan Tanaman

Tanaman kentang yang berusia 10 hari biasanya sudah terlihat memiliki tingkat pertumbuhan yang seragam. Penyiraman tetap perlu dilakukan secara rutin dengan menyesuaikan kondisi cuaca. Penambahan media tanam bisa mulai dilaksanakan ketika usia tanaman sudah mencapai 1 bulan. Gunakan pupuk kandang dan pupuk kompos untuk meningkatkan kesuburan media tanam. Tujuan dari penambahan media tanam ini adalah mencegah umbi kentang terkena sinar matahari secara langsung.

Pemanenan Umbi

Umbi kentang biasanya mulai bisa dipanen pada saat usia tanaman sudah mencapai 3-4 bulan. Proses pemanenan ini bisa dilakukan seminggu setelah tanaman sudah mati. Ciri-cirinya yaitu daun mengering, ujung batang keras, dan kulit umbi cukup kuat. Dengan memanen kentang pada masa ini, umbi yang diperoleh memiliki kualitas yang bagus. Karena ditanam di polybag, Anda tidak perlu repot-repot menggali media tanam dan mencabut tanaman. Anda hanya perlu merobek polybag tersebut, lalu membersihkan umbi kentang dari tanah yang menempel.