Cara Menanam Kaktus Centong agar Tumbuh Subur

Kaktus merupakan tanaman yang unik. Berbeda dari tumbuh-tumbuhan lainnya yang sangat menyukai air, kaktus justru tidak terlalu suka dengan air. Maklum sebab kaktus tumbuh secara alami di daerah gurun yang memiliki tanah dengan kondisi yang kering, gersang, dan minim air. Namun justru karena itulah kaktus mudah sekali dirawat. Anda yang super sibuk kami sarankan tanamlah kaktus untuk mengisi pekarangan rumah.

Jenis-jenis kaktus itu ada banyak sekali loh. Warna-warninya pun beragam, tidak melulu hijau polos. Beberapa jenis kaktus bahkan menjadi makanan utama bagi binatang yang hidup di gurun pasir yaitu kura-kura darat. Aldabra dan sulcata mengonsumsi kaktus di habitat aslinya. Adapun jenis kaktus yang biasa dimakan oleh kura-kura ini yaitu kaktus centong. Bentuk daun kaktus ini yang menyerupai centong (sendok nasi) membuatnya disebut kaktus centong.

Kaktus centong (Opuntia cochenillifera) adalah tanaman kaktus tang yang termasuk dalam famili Cactaceae di genus Opuntia. Ini artinya kaktus centong masih berkerabat dekat dengan kaktus totol, kaktus sinterklas, kaktus lidah sapi, kaktus duri centong, dan kaktus duri cangkang. Tanaman kaktus centong mempunyai batang utama yang pendek dengan diameter mencapai 20 cm. Kaktus ini memiliki bunga yang tersusun secara soliter yang berkembang dari areoles sepanjang tepi atas dan tampak mempunyai banyak sepal.

cara-menanam-kaktus-centong.jpg

Anda yang hobi memelihara kura-kura pasti ingin menanam kaktus centong sendiri, kan? Ingat, kaktus centong merupakan bahan pangan yang sangat direkomendasikan sebagai makanan utama kura-kura darat. Berikut ini panduan langkah-langkah untuk menanamnya.

Langkah 1. Siapkan Bibit Kaktus Centong

Kaktus centong bisa ditanam melalui bibit atau setek. Tapi kami lebih menyarankan tanamlah kaktus ini menggunakan teknik setek karena prosesnya mudah sekali dan hasilnya lebih cepat terlihat. Untuk melakukannya, Anda perlu menyiapkan daun kaktus centong terlebih dahulu. Anda bisa memintanya ke teman yang sudah memilikinya atau membelinya di toko kami. Tidak masalah kondisi daun tersebut masih muda atau sudah tua.

Langkah 2. Rendam di Tumbukan Bawang Merah

Bawang merah ternyata mengandung zat pengatur tumbuh untuk merangsang pertumbuhan setek batang yang akan kita tanam. Anda hanya perlu menumbuk umbi bawang merah sampai halus. Kemudian tambahkan air sedikit saja. Setelah itu, rendamlah daun kaktus centong di dalam air tumbukan bawang merah ini. Pastikan bagian bawahnya terendam air hingga kedalaman 1 cm. Rendamlah daun kaktus centong ini selama 10-15 menit.

Langkah 3. Siapkan Media Tanam di Polybag

Sangat disarankan untuk menanam bibit kaktus centong di polybag terlebih dahulu. Jangan langsung menanamnya di pekarangan. Tujuannya agar Anda lebih mudah dalam merawat dan memelihara bibit yang baru ditanam tadi. Gunakan media tanam berupa tanah yang porous atau tidak liat sebagai media tanamnya. Pastikan media tanam ini tidak bersifat menahan air. Ingat, kaktus centong benci air. Jadi media tanamnya tidak boleh basah.

Langkah 4. Tanamkan Bibit Kaktus Centong

Buatlah lubang pada media tanam dengan kedalaman 5 cm. Selanjutnya tanamkan bibit kaktus ini di dalam lubang tersebut. Pastikan bagian bawahnya tertimbun oleh tanah minimal sedalam 5 cm. Berikan sedikit tekanan pada media tanam di sekitar bibit kaktus centong supaya bibit ini mampu berdiri tegak dan kokoh. Setelah itu, polybag bisa langsung ditaruh di tempat terbuka. Anda tak perlu cemas sebab kaktus centong sangat menyukai panas dan sinar matahari.

Langkah 5. Merawat Tanaman Kaktus Centong

Sebenarnya Anda tak perlu melakukan perawatan yang rumit ketika merawat tanaman kaktus centong. Satu-satunya perawatan yang harus dikerjakan agar tanaman ini tumbuh subur ialah menyiramnya dengan air. Kegiatan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Anda hanya perlu menyiram kaktus centong setiap seminggu sekali memakai air secukupnya. Tanaman kaktus yang terlalu banyak mendapatkan air justru akan membusuk dan akhirnya mati.

Langkah 6. Memindahkan Tanaman ke Tanah

Anda perlu memindahkan kaktus centong dari polybag ke tanah supaya pertumbuhannya semakin baik. Tanaman kaktus centong yang dipelihara di tanah langsung akan mendapatkan nutrisi yang optimal. Akar-akarnya pun lebih leluasa berkembang ke segala arah. Proses memindahkan tanaman dari polybag ke akar ini sebaiknya dilaksanakan pada pagi hari. Hati-hati saat mengerjakannya agar tanaman tidak mengalami kerusakan.