Cara Menanam Bunga Soka dengan Stek Batang

Apakah Anda tertarik untuk menanam bunga soka di halaman rumah? Tanaman soka adalah. Tanaman ini masih tergolong dalam famili di genus. Karena mempunyai bentuk bunga yang indah, tanaman soka sering ditanam di halaman rumah. Warna bunga soka bermacam-macam mulai dari kuning, jingga, merah, sampai merah kecokelatan. Sayangnya bunga soka ini tidak mempunyai aroma wangi yang kuat.

Penanaman bunga soka bisa dibilang cukup mudah. Anda bisa memperbanyak tanaman ini melalui metode stek batang. Bunga soka bisa disetek karena bagian batangnya berupa kayu yang keras. Namun kadang-kadang batang stek yang telah ditanam tersebut tidak tumbuh karena penyebab tertentu. Oleh karena itu, beberapa orang pun lebih memilih untuk mencangkok bunga soka. Meskipun lebih sulit, peluang keberhasilan menanam bunga soka dengan cangkok lebih besar.

cara-menanam-bunga-soka.jpg

Stek Batang

Pertama-tama kami akan mengajarkan bagaimana caranya menanam bunga soka menggunakan stek batang. Anda bisa memulainya dengan memilih batang soka yang umurnya sudah cukup tua. Potonglah batang tersebut secara menyerong. Usahakan pakailah pisau yang tajam agar Anda bisa memotong batang bunga soka tadi dalam sekali irisan. Setelah itu, pangkas beberapa daun dari potongan batang tersebut untuk menyisakan 3-5 helai supaya tingkat penguapannya tidak terlampau tinggi.

Siapkan media tanam yang subur dan lembab. Anda bisa memakai tanah kebun yang mengandung lempung yang dicampur dengan pupuk kandang. Campuran media tanam tadi lantas dimasukkan ke dalam polybag. Tanamkan potongan batang bunga soka pada polybag. Rawatlah dengan menyiramnya secara berkala untuk mempertahankan kelembaban media tanam. Dalam kurun waktu antara 3-4 minggu, stek batang yang Anda tanam akan menumbuhkan tunas baru. Hal ini menandakan kalau Anda sudah berhasil memperbanyak tanaman soka dengan stek.

Cangkok

Potensi keberhasilan membuat bibit bunga soka dengan cangkok jauh lebih tinggi daripada stek batang. Sayangnya mencangkok tanaman juga lebih sulit dilakukan. Namun kami yakin Anda pun dapat mencangkok bunga soka sendiri. Caranya adalah pilihlah bagian dari batang tanaman yang sudah cukup tua. Kalau bisa pilihlah batang sekunder untuk dicangkok agar tidak merusak tampilah tanaman bunga soka indukannya.

Setelah dipilih batang mana yang akan dicangkok, lalu kupaslah lapisan kulit batang tersebut sepanjang 1 cm secara melingkar. Bersihkan lapisan kulit ini hingga sampai pada lapisan kambium yang terasa berlendir dan lengket. Bersihkan pula lapisan kambium ini hingga benar-benar bersih. Setelah itu, biarkan selama seharian supaya bagian batang yang telah dikupas ini agak mengering. Kalau Anda mempunyai cairan perangsang akar, silakan semprot secukupnya tepat pada bekas sayatan untuk memicu pertumbuhan akar.

Keesokan harinya Anda bisa membungkus batang bunga soka menggunakan media tanam. Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu plastik/sabut kelapa, media tanam, dan tali rafia. Bungkuslah batang yang akan dicangkok menggunakan tanah secukupnya. Kemudian pasang plastik/sabut kelapa sebagai penahan media tanam tadi. Ikat posisinya memakai tali rafia. Biasanya dalam waktu 2-3 minggu batang cangkok tersebut sudah menumbuhkan akar dan siap ditanam sebagai bibit.