Cara Menanam Bunga Sedap Malam dari Umbi

Anda mungkin tertarik untuk memiliki tanaman bunga sedap malam sendiri? Anda bisa menanamnya langsung kok. Tanaman bunga sedap malam biasanya ditanam dari umbinya. Umbi ini dihasilkan oleh tanaman bunga sedap malam yang sudah dewasa dengan usia minimal 18 bulan. Anda perlu menyemai umbi ini terlebih dahulu sebelum dapat ditanam. Caranya akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Tanaman bunga sedap malam dikenal sebagai tanaman yang mempunyai daya tarik pada bunganya. Bunga sedap malam tidak hanya indah, tetapi juga memiliki aroma wangi yang begitu semerbak. Aroma bunga ini sangat khas dan tidak ada pada bunga-bunga yang lainnya. Uniknya yaitu bunga sedap malam hanya akan mekar di malam hari. Inilah alasannya mengapa tanaman ini dinamakan sebagai bunga sedap malam.

menanam-bunga-sedap-malam.jpg

Menyemai Umbi Bunga Sedap Malam

Setelah Anda berhasil mendapatkan umbi dari tanaman bunga sedap malam yang bisa dipakai sebagai benih, langkah berikutnya yaitu menyemai umbi tersebut. Caranya yaitu basahi umbi ini dengan air secukupnya. Kemudian masukkan ke dalam karung goni atau kain yang berwarna hitam. Jagalah kondisi umbi supaya tetap lembab. Tingkat kelembaban yang tepat akan merangsang tumbuhnya tunas pada umbi tersebut. Anda perlu mengeceknya setiap hari.

Menyiapkan Media Tanam yang Sesuai

Jika Anda menanam tumbuh-tumbuhan menggunakan umbinya, maka gunakan media tanam yang bersifat porous untuk menghindari genangan air. Genangan air ini berbahaya bagi umbi tanaman sebab dapat mengakibatkan kondisinya membusuk. Anda harus memasai media tanam yang porous untuk mencegah terjadinya masalah ini. Di sini Anda bisa memakai tanah kebun yang telah diayak, lalu dicampur dengan sekam padi.

Menanam Umbi Sedap Malam dengan Benar

Umbi dari bunga sedap malam baru boleh ditanam setelah mempunyai tunas. Keberadaan tunas ini pula yang nantinya menjadi patokan kita dalam mengatur posisi penanaman bunga sedap malam secara tepat. Buatlah lubang tanam terlebih dahulu sesuai ukuran umbi yang akan ditanam. Setelah itu, tanamkan umbi sedap malam dengan posisi yang tegak lurus. Lalu timbun umbi tersebut dengan tanah. Usahakan tunasnya tetap berada di atas tanah.

Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Bunga sedap malam merupakan tanaman yang sangat menyukai sinar matahari. Jadi disarankan untuk meletakkan tanaman ini di tempat terbuka agar tumbuh subur. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari menggunakan air secukupnya. Pastikan penyiraman ini tidak menimbulkan genangan air karena dapat mengakibatkan umbi tanaman membusuk. Untuk pemupukannya bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali memakai pupuk kandang.