Cara Menanam Bunga Lotus dari Biji

Anda mungkin sudah mempunyai kolam ikan di pekarangan? Untuk menambah keindahannya, Anda dapat menanam tumbuh-tumbuhan air di dalamnya. Keberadaan tanaman air ini akan menciptakan kesan alami pada kolam tersebut. Ada begitu banyak jenis-jenis tanaman air yang bisa Anda tanam di kolam. Salah satunya yaitu bunga lotus atau seroja. Sudah lama tanaman lotus ini digunakan sebagai tanaman hias untuk menambah pesona kolam ikan.

Lotus memiliki daun berukuran lebar yang membantunya tumbuh di permukaan air yang tenang. Yap, bunga dan daun tanaman ini mengapung di permukaan air. Daunnya berbentuk bundar atau lonjong yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Jika dirawat dengan baik, lotus akan menumbuhkan bunga yang indah sekali. Bunga lotus ini terdapat di tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunganya sekitar 5-10 cm.

Anda bisa menanam lotus dari bijinya. Tak usah bingung bagaimana cara mendapatkan biji tersebut. Sebab kami juga menjual benih lotus loh. Berbagai jenis tanaman lotus dengan bunga beraneka rupa tersedia di toko online kami. Harganya sudah pasti sangat terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan toko lainnya. Selain itu, benih lotus yang kami jual juga memiliki kualitas yang bagus dengan potensi pertumbuhan yang tinggi.

cara-menanam-biji-lotus.jpg

Menanam bunga lotus atau bunga seroja ini sebenarnya tidak terlalu susah. Namun Anda membutuhkan trik khusus untuk merangsang biji lotus supaya menumbuhkan akar dan tunas. Hingga berkembang menjadi kecambah, lalu tanaman dewasa.

Mengupas Lapisan Kulit

Tanaman lotus memiliki biji yang berukuran kecil. Biji tersebut berwarna hitam legam serta teksturnya keras sekali, apalagi di lapisan kulitnya. Oleh sebab itu, biji lotus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berkembang menjadi kecambah.

Untungnya kita dapat membantu mempercepat masa dormasi biji lotus dengan mengupas sedikit lapisan kulitnya. Anda bisa mengupas lapisan kulit pada biji lotus memakai kuku tangan. Kupas sedikit saja kulit tersebut agar air bisa meresap masuk ke bagian intinya. Hati-hati jangan sampai merusak bagian inti biji lotus.

Merendam di Air Hangat

Biji lotus yang sudah berhasil dikupas kulitnya sedikit saja lantas direndam di air hangat. Anda bisa memakai air yang suhunya hangat-hangat kuku untuk keperluan ini. Tujuan perendaman adalah merangsang biji lotus agar berkembang menjadi lembaga.

Air hangat yang mengenai bagian inti biji tersebut akan membuatnya menumbuhkan akar dan tunas daun. Rendamlah biji lotus selama 4-5 hari. Selama proses ini berlangsung, Anda perlu mengganti air rendamannya setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya wadah untuk merendam biji lotus ini diletakkan di teras atau jendela rumah.

Menanam Bibit Lotus

Setelah terlihat adanya akar-akar kecil dan tunas daun yang tumbuh di biji lotus, kini waktunya bagi Anda untuk menanamnya. Biji tersebut telah berkembang menjadi kecambah dan siap untuk ditanam. Sebelumnya kami ingatkan, lotus merupakan tanaman air. Di habitat alaminya, akar lotus tumbuh di dalam air namun daunnya tetap berada di atas air.

Media tanam yang paling tepat untuk menanam lotus yaitu campuran tanah dan pupuk kandang. Letakkan media tanam ini di pot tanpa lubang. Kemudian tanamkan kecambah lotus di media tersebut. Setelah itu, Anda bisa menuangkan air ke pot sampai tinggi muka airnya sebatas daun lotus. Jangan sampai daun lotus terendam air karena akan menyebabkan kondisinya membusuk. Letakkan pot ini di tempat terbuka. Rawatlah dengan menjaga ketinggian air di dalam pot.