Cara Menanam Bunga Krokot dari Stek Batang

Anda ingin menanam tumbuhan berbunga yang indah, gampang ditanam, dan perawatannya tidak sulit? Kami sarankan cobalah Anda menanam bunga krokot. Walaupun termasuk rumput-rumputan, tetapi tanaman krokot mempunyai bunga yang indah sekali. Sekilas rupa bunganya mirip seperti bunga mawar, namun ukurannya lebih kecil dan tidak beraroma wangi. Meskipun begitu tanaman krokot ini sangat rajin menumbuhkan bunga. Halaman rumah Anda akan dipenuhi bunga indah yang berwarna-warni jika ditanami tumbuhan krokot ini.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, menanam bunga krokot termasuk sangat mudah. Bahkan kami berani mengatakan kalau anak kecil saja bisa menanamnya sendiri. Sehingga Anda pun dapat menggunakan tanaman ini untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk belajar bercocok tanam. Biasanya tanaman krokot diperbanyak dengan metode stek batang. Jika mau, Anda bisa mencoba menyetek batang bunga krokot sendiri di rumah.

cara-menanam-bunga-krokot.jpg

Alat dan Bahan :

  • Stek batang krokot
  • Tanah
  • Pupuk kompos
  • Pot/polybag
  • Cetok
  • Saringan

Langkah-langkah :

  1. Siapkan bibit tanaman bunga krokot berupa batangnya. Anda bisa membelinya di www.tokotanaman.com. Kami mempunyai banyak sekali koleksi tanaman krokot dengan bunga beraneka warna. Harganya dijamin murah. Silakan Anda bisa mengunjungi online shop kami.
  2. Tanaman krokot menghendaki media tanam yang subur dan agak lembab. Anda bisa menggunakan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1 sebagai media tanamnya. Tanah yang akan digunakan sebaiknya diayak terlebih dahulu agar bebas dari kotoran.
  3. Anda dapat menanam bunga krokot di pot, polybag, dan wadah bekas atau bisa juga langsung di tanah. Kalau ingin menanamnya di wadah, masukkan dulu beberapa pecahan genteng di bagian dasarnya sebagai alas. Barulah kemudian Anda bisa mengisinya dengan media tanam sampai penuh.
  4. Sebelum menanam krokot, buatlah lubang tanam terlebih dahulu sebesar jari telunjuk Anda dengan kedalaman 1-2 cm. Lubang tanam ini dibuat pada jarak 10 x 10 cm sampai 20 x 20 cm. Anda perlu menanamnya jarang-jarang karena tanaman ini cukup rimbun kalau sudah tumbuh subur.
  5. Tanamkan bibit batang krokot pada lubang yang telah Anda buat. Masukkan bagian bawahnya pada lubang tanam, pastikan posisinya sudah berdiri tegak. Kemudian Anda bisa menimbunnya dengan tanah di sekitarnya. Ulangi sekali lagi sampai seluruh bibit krokot berhasil ditanam.

Untuk merawat tanaman krokot mudah sekali. Anda cukup menyiraminya secara rutin karena tanaman ini memang suka sekali dengan air. Pertumbuhan tanaman krokot akan semakin subur apabila bisa memperoleh air secara maksimal. Saat menyirami tanaman, gunakan teko siram khusus supaya jatuhnya air siraman tidak terlalu deras sehingga tidak merusak tanaman. Siramilah tanaman bunga krokot ini setiap pagi.

Anda juga perlu memastikan tanaman krokot bisa mendapatkan sinar matahari secara optimal. Pasalnya sinar matahari juga akan membuat pertumbuhan tanaman ini menjadi semakin subur. Tanaman krokot akan mampu melakukan proses fotosintesis dengan baik manakala bisa memperoleh sinar matahari langsung yang banyak. Selain itu, pancaran sinar matahari secara optimal ini juga akan membuat tanaman krokot rajin berbunga.