Cara Menanam Blueberry yang Benar

Bagaimana caranya menanam blueberry? Tanaman blueberry masih termasuk dalam famili Vaccinium dengan sub-famili yaitu Cyannococcus. Tanaman ini dipercaya berasal dari Amerika Utara. Blueberry tumbuh subur di kawasan subtropis. Buah blueberry berwarna putih kehijauan atau putih kebiruan dan rasanya manis sekali. Bentuknya bulat dengan diameter sekitar 5-16 mm serta mempunyai mahkota di bagian ujung buahnya. Selain itu, buah blueberry tumbuh dalam kelompok (cluster), di mana setiap tangkainya terdiri dari beberapa buah blueberry.

Saat ini tanaman blueberry dibudidayakan di berbagai negara di seluruh belahan dunia. Termasuk para petani di Indonesia pun sudah banyak yang memeliharanya. Blueberry termasuk tumbuhan impor yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga buahnya per gram pun amat mahal. Buah blueberry diyakini dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker, jantung koroner, dan penyakit stroke. Daripada membeli buah blueberry yang harganya selangit, mending kita tanam sendiri yuk!

cara-menanam-blueberry.jpg

Blueberry paling bagus ditanam di lahan yang banyak mendapatkan sinar matahari. Usahakan lahan tersebut memiliki sistem drainase yang baik sehingga tidak tergenangi air. Tanah yang ideal untuk ditanami bibit blueberry mempunyai pH sekitar 4,5 hingga 5,5 dan banyak mengandung unsur hara. Pengapuran menggunakan dolomit perlu dilakukan apabila pH tanah bersifat asam.

Penyemaian Benih

Benih blueberry bisa Anda beli di toko kami yang beralamat di www.tokotanaman.com. Alangkah baiknya sebelum ditanam, benih tersebut dikondisikan sedemikian rupa terlebih dahulu untuk memecah masa dorminasinya. Adapun caranya yaitu menyimpan benih blueberry tadi ke dalam freezer yang bersuhu antara 3-5 derajat celsius selama 90 hari. Dengan memberikan perlakuan ini maka potensi benih akan tumbuh menjadi kecambah akan meningkat.

Siapkan wadah yang telah diisi tanah subur sebagai media tanam. Basahi permukaan tanah tersebut dengan sedikit air. Taburkan biji blueberry secara acak, lalu tutup kembali dengan lapisan tanah tipis. Letakkan wadah ini di tempat yang terbuka seperti di teras rumah atau kusen jendela. Jaga kondisi kelembaban media tanam dengan menyiramnya memakai botol semprotan air. Seharusnya benih blueberry sudah berubah menjadi kecambah saat usianya mencapai 6-12 minggu.

Bibit blueberry yang telah memiliki tinggi sekitar 5-7,5 cm dapat dipindahkan ke polybag. Masukkan campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1 ke dalam polybag. Kemudian pindahkan kecambah blueberry secara hati-hati dari wadah penyemaian ke polybag pembibitan. Anda harus teliti dalam mengerjakan proses ini karena mempunyai risiko yang sangat tinggi. Pastikan sistem perakaran tanaman tidak rusak setelah Anda memindahkannya.

Penanaman Bibit

Setelah bibit blueberry yang Anda buat sudah mempunyai tinggi sekitar 20-30 cm, bibit tersebut bisa ditanam di lahan terbuka. Jika Anda tidak mempunyai tanah pertanian yang cukup luas, tanam saja bibit tadi di pot yang ukurannya besar. Gunakan media tanam berupa campuran tanah kebun dan tanah kebun dengan perbandingan 1:1. Bila ingin menanamnya di lahan, buat lubang tanam yang cukup lebar tetapi tidak terlalu dalam mengingat akar tanaman blueberry yang dangkal, rapat, dan melebar. Tanamlah bibit tersebut dalam jarak 1,5 x 1,5 m sampai 3 x 3 m tergantung varietasnya.

Penanaman bibit blueberry paling baik dilaksanakan pada pagi atau sore hari. Bibit yang sudah berhasil ditanam selanjutnya diberikan pelindung berupa mulsa jerami yang dilingkarkan di batang bawahnya untuk menjaga kelembaban media tanam. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan gulma di sekitar tanaman blueberry tersebut. Penyiraman perlu dilakukan secara berkala hanya untuk melembabkan tanah, jangan sampai membasahinya.

Pemupukan Tanaman

Supaya tanaman blueberry yang Anda miliki bisa tumbuh subur dan berbuah lebat, Anda harus memberikan pupuk secara tepat. Selama masa pertumbuhan tanaman, pemupukan dapat dilaksanakan sebanyak beberapa kali. Pemupukan tahap pertama menggunakan pupuk NPK 12-4-8 sebanyak 2 ons yang ditaburkan dalam jarak 30 cm melingkari pangkal batang tanaman blueberry. Bila setelah pemberian pupuk mengakibatkan tanaman menguning, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan ammonia sulfate sebanyak 1 ons.

Pemupukan tahap kedua dilaksanakan dengan menyesuaikannya terhadap pertumbuhan ruas daun. Waktu yang ideal yakni saat tumbuhnya tunas daun kedua dan ketiga. Pupuk yang dipakai berupa pupuk NPK 12-4-8 dengan dosis 4 ons. Setelah itu pemupukan lanjutan dilakukan sesuai kemunculan daun dan jumlah yang disesuaikan. Misalnya pada fase kemunculan daun keempat diberikan pupuk sebanyak 6 ons, pada fase kemunculan daun kelima sebanyak 8 ons, serta saat fase daun keenam memakai pupuk sebanyak 10 ons.