Cara Menanam Tomat Cherry di Pot Memakai Biji dan Perawatannya

Tanaman tomat paling banyak dibudidayakan oleh para ibu rumah tangga di Indonesia karena gampang sekali hidup dan berbuahnya pun bisa sampai sepanjang tahun. Tidak perlu pekarangan yang luas untuk menanam tumbuhan yang satu ini. Sebab ukuran tanamannya yang kecil memungkinkan Anda sanggup menanamnya di pot. Kalau memelihara tomat sekaligus sebagai tanaman hias, pilihlah tomat cherry ya. Mengapa? Tomat cherry mempunyai buah yang berukuran kecil dan jumlahnya sangat banyak. Sehingga tanaman tomat ini terlihat menarik sekali saat dipandang mata.

Buah tomat cherry dapat dimasak menjadi sayur atau bumbu penyedap pada masakan daging dan ikan. Tomat jenis ini juga dapat dijadikan minuman jus yang rasanya sangat menyegarkan. Selain itu bagi Anda yang ingin senantiasa terlihat cantik dan awet muda, rutinlah menggunakan masker dari tumbukan buah tomat cherry ini ya. Sebab kandungan likopen di dalamnya yang melimpah sangat ampuh untuk menjaga tekstur pori-pori kulit Anda dan mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan kulit akibat terpaan sinar ultraviolet. Silakan Anda bisa mencobanya sendiri sebagai treatment harian.

Tidak usah repot untuk menanam tomat cherry di pot. Karena Anda bisa menggunakan biji tomat cherry. Apabila ingin lebih praktis lag, beli saja benih tomat cherry di www.tokotanaman.com secara online yang harganya termasuk murah meriah. Silakan Anda bisa segera menghubungi kami! Dan berikut merupakan panduan singkat bagaimana caranya menanam tomat cherry beserta langkah-langkah merawatnya.

ALAT DAN BAHAN :

  • Benih tomat cherry
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kandang
  • Pot
  • Cetok
  • Tongkat bambu

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Siapkan media tanam terlebih dahulu. Caranya yakni Anda campurkan tanah, pasir, dan pupuk kandang sampai merata.
  2. Masukkan beberapa pecahan genteng ke dalam pot sebagai alas media tanam. Selanjutnya isikan media tanam yang sudah dibuat tadi ke pot sampai penuh.
  3. Di dalam setiap pot, Anda bisa menanamkan benih tomat cherry sebanyak 2-3 biji sekaligus. Benamkan biji tersebut dengan kedalaman sekitar 1-2 cm.
  4. Pot yang sudah ditanami biji tomat cherry lantas diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung untuk memicu perkecambahan.
  5. Siramlah tomat cherry setiap hari menggunakan botol semprot agar tidak merusak tanaman. Siram dengan air secukupnya dan tidak boleh berlebihan.
  6. Setelah tingginya sudah mencapai 15-20 cm, Anda bisa memasang tongkat di dekatnya sebagai pegangan. Ikatlah tanaman dengan tongkat supaya dapat berdiri tegak.
  7. Berikan pupuk kandang setiap sebulan sekali sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang cukup banyak.
  8. Hati-hati terhadap serangan kutu putih sebab hama ini bisa mengakibatkan tanaman tumbuh kerdil hingga mati. Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti panduan di sini.
  9. Agartomat cherry rajin berbuah, rahasianya yaitu meletakkan tanaman di tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari serta melakukan pemangkasan produksi.
  10. Anda bisa memanen buah-buah tomat cherry yang telah muncul sesuka hati. Disarankan petiklah buah tersebut saat warnanya sudah merah merona.