Cara Menanam Biji Tomat Cherry di Pot

Apakah Anda ingin menanam biji tomat cherry? Tanaman tomat paling banyak dibudidayakan oleh para ibu rumah tangga di Indonesia karena gampang sekali hidup dan berbuahnya pun bisa sepanjang tahun. Tidak perlu pekarangan yang luas untuk menanam tumbuhan yang satu ini, ukurannya yang kecil memungkinkan Anda dapat menanamnya di pot. Kalau memelihara tomat sekaligus sebagai tanaman hias, pilihlah tomat cherry. Tomat cherry mempunyai buah yang berukuran kecil dan jumlahnya sangat banyak.

Buah tomat cherry bisa dimasak menjadi sayur atau bumbu penyedap pada masakan daging dan ikan. Tomat ini juga dapat dijadikan minuman jus yang rasanya sangat menyegarkan. Selain itu, bagi Anda yang ingin senantiasa terlihat cantik dan awet muda, rutinlah menggunakan masker dari tumbukan buah tomat cherry. Kandungan likopen di dalamnya yang banyak sekali sangat ampuh dalam menjaga tekstur pori-pori kulit Anda serta mencegah terjadinya kerusakan jaringan kulit akibat terpaan sinar ultraviolet.

cara-menanam-tomat-cherry.jpg

Tidak usah repot untuk menanam tomat cherry di pot. Sebab Anda bisa menggunakan biji tomat cherry. Kalau ingin lebih praktis, beli saja benih tomat cherry di www.tokotanaman.com yang harganya termasuk murah meriah.

Alat dan Bahan :

  • Benih tomat cherry
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kandang
  • Pot
  • Cetok
  • Tongkat bambu

Langkah-langkah :

  1. Siapkan media tanam terlebih dahulu. Caranya yakni mencampurkan tanah, pasir, dan pupuk kandang sampai merata.
  2. Masukkan beberapa pecahan genteng ke dalam pot sebagai alas media tanam. Selanjutnya isikan media tanam yang sudah dibuat tadi ke pot sampai penuh.
  3. Di dalam setiap pot, Anda bisa menanamkan benih tomat cherry sebanyak 2-3 biji sekaligus. Benamkan biji tersebut dengan kedalaman sekitar 1-2 cm.
  4. Pot yang sudah ditanami biji tomat cherry lantas diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung untuk memicu perkecambahan.
  5. Siramlah tomat cherry setiap hari menggunakan botol semprot agar tidak merusak tanaman. Siram dengan air secukupnya dan tidak boleh berlebihan.
  6. Setelah tingginya sudah mencapai 15-20 cm, Anda bisa memasang tongkat di dekatnya sebagai pegangan. Ikatlah tanaman dengan tongkat supaya dapat berdiri tegak.
  7. Berikan pupuk kandang setiap sebulan sekali sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang cukup banyak.
  8. Hati-hati terhadap serangan kutu putih sebab hama ini bisa mengakibatkan tanaman tumbuh kerdil hingga mati. Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti panduan di sini.
  9. Agartomat cherry rajin berbuah, rahasianya yaitu meletakkan tanaman di tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari serta melakukan pemangkasan produksi.
  10. Anda bisa memanen buah-buah tomat cherry yang telah muncul sesuka hati. Disarankan petiklah buah tersebut saat warnanya sudah merah merona.