Cara Menanam Biji Sirsak di Pot dan Polybag

Anda mungkin tertarik untuk menanam sirsak? Daripada membeli bibit sirsak yang harganya lumayan mahal, silakan tanam sirsak dari bijinya. Ternyata sirsak bisa dengan mudah ditanam dari bijinya loh. Proses menanam sirsak dari biji ini pun tidak terlalu sulit. Malah boleh dibilang gampang sekali. Mumpung Anda sekarang sedang mempunyai buah sirsak yang telah matang, mengapa tidak menanam bijinya saja daripada dibuang?

Pohon sirsak yang ditanam dari biji mempunyai kelebihan tertentu dibandingkan bibit yang berasal dari cangkok, stek, atau okulasi. Sistem perakaran pohon tersebut jauh lebih banyak dan lebih kuat. Hal ini membuat pohon sirsak tersebut mampu tumbuh besar dan tinggi serta memiliki potensi menghasilkan buah yang lebih banyak. Namun sayangnya dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi pohon ini untuk membentuk buah yang pertama kali.

cara-menanam-biji-sirsak.jpg

Keterbatasan lahan jangan dijadikan alasan untuk tidak bercocok tanam. Sebab kini Anda pun bisa menggunakan pot dan polybag untuk menanam pohon yang kecil seperti sirsak. Lantas, bagaimana caranya menanam sirsak dari biji di pot atau polybag? Silakan Anda bisa mengikuti panduan berikut ini!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Buah sirsak
  • Pot
  • Polybag
  • Tanah
  • Pecahan genteng
  • Air
  • Air hangat
  • Mangkuk

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Siapkan buah sirsak yang telah matang dari pohonnya. Ciri-ciri buah sirsak yang sudah matang yaitu memiliki tekstur yang lunak, aromanya harum semerbak, dan rasa daging buahnya manis.
  2. Belah buah sirsak menggunakan tangan menjadi dua bagian. Keluarkan semua biji-biji sirsak yang ada.
  3. Masukkan semua biji sirsak ke dalam mangkuk. Tuangkan air ke dalam mangkuk tadi. Rendamlah biji-biji sirsak di air selama semalaman.
  4. Keesokan paginya lakukan penyortiran dengan membuang semua biji sirsak yang terapung di air sebab biji tersebut kosong dan tidak ada bagian lembaga di dalamnya. Kita hanya akan menggunakan biji sirsak yang tenggelam di air.
  5. Bersihkan biji sirsak dari lapisan daging buah yang membungkus permukaannya. Singkirkan seluruh lapisan daging buah ini memakai tangan. Buatlah kondisi biji sirsak benar-benar bersih.
  6. Siapkan air hangat secukupnya. Tuangkan air hangat ini ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan biji sirsak ke mangkuk. Rendam biji sirsak di air hangat selama 24 jam. Hal ini akan membuat lapisan kulitnya lebih lunak sehingga memecah masa dormasinya.
  7. Siapkan tanah sebagai media tanam untuk menanam biji sirsak. Masukkan tanah ini ke dalam pot dan polybag hingga mencapai setengah dari volumenya.
  8. Tanamkan biji sirsak di tanah dengan posisi biji yang berdiri tegak. Bagian biji yang lancip harus menghadap ke atas karena di sinilah tunas daun nantinya akan tumbuh. Sedangkan bagian biji yang tumpul sebagai tempat tumbuhnya akar harus menghadap ke bawah.
  9. Taburkan lagi tanah di atas biji yang telah ditanam sampai biji-biji sirsak tertutupi oleh tanah kurang lebih hingga tingginya mencapai 1 cm.
  10. Letakkan pot dan polybag yang telah ditanami biji sirsak di tempat terbuka. Pastikan pot/polybag tersebut bisa mendapatkan sinar matahari minimal selama 3 jam. Anda perlu menyiraminya setiap 2 hari sekali agar biji sirsak ini cepat berkembang menjadi kecambah sampai tanaman dewasa.