Cara Menanam Biji Bunga Matahari

Anda mungkin termasuk salah satu penggemar bunga matahari? Jika benar, cobalah menanamnya sendiri di rumah. Anda bisa menanam bunga matahari menggunakan bijinya loh. Tapi bukan biji yang sudah dipanggang dan menjadi kuaci ya. Kalau Anda menanam kuaci, pasti tidak akan tumbuh karena sudah melalui proses pemanggangan yang mengakibatkan isi di dalamnya mati. Yang benar, Anda harus menanam biji bunga matahari berupa benih yang siap untuk ditanam.

Tidak usah bingung di mana toko yang menjual benih bunga matahari? Anda bisa membelinya di toko kami secara online yang beralamat di www.tokotanaman.com. Semua benih dan bibit tanaman yang dijual di TokoTanaman.com dijamin pasti bagus. Anda bisa memilih apakah mau membeli benih atau bibit berupa tanaman bunga matahari ukuran kecil. Jika ingin berhemat, disarankan belilah biji bunga matahari saja. Anda bisa mendapatkan beberapa benih dengan harga yang terjangkau. Namun apabila bunga matahari tersebut akan digunakan untuk keperluan mendadak seperti pesta dan lomba, silakan beli bibit atau tanaman jadi.

cara-menanam-bunga-matahari.jpg

Sebenarnya untuk menanam bunga matahari itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan tanah yang subur sebagai media tanamnya. Hal ini juga didukung dengan kondisi iklim di Indonesia yang notabene mempunyai iklim tropis. Tanaman bunga matahari yang memang sangat menyukai sinar matahari ini pasti akan tumbuh subur. Kini giliran Anda saja apakah mau repot merawatnya atau tidak. Sebab pada dasarnya tanaman bunga matahari membutuhkan perawatan yang cukup intensif.

Mulailah dengan menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan tanah kebun yang mengandung kompos. Lalu tambahkan pupuk kandang secukupnya agar tanah menjadi subur. Aduklah bahan-bahan ini sampai tercampur rata dan teksturnya berubah menjadi gembur. Setelah jadi, media tanam ini lantas dimasukkan ke pot pembibitan. Kemudian buat beberapa lubang tanam menggunakan jari telunjuk dengan kedalaman 1-1,5 cm.

Tahap selanjutnya adalah menanamkan biji bunga matahari supaya berkecambah. Keluarkan biji bunga matahari yang telah Anda beli di www.tokotanaman.com dari bungkusnya. Kemudian tanamkan biji tersebut satu per satu ke dalam lubang yang telah kita siapkan tadi di pot pembibitan. Ingat, posisi biji tersebut harus berdiri tegak lurus dengan bagian biji yang lancip di atas dan bagian yang tumpul di bawah. Setelah itu, timbun kembali biji memakai tanah di sekelilingnya.

Selama proses pembibitan berlangsung, Anda harus merawatnya dengan sepenuh hati. Poin yang paling penting yaitu penyiraman harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kondisi media tanam supaya tetap mampu mendukung pertumbuhan tanaman. Dalam kurun waktu 7-10 hari akan tumbuh tunas dari biji bunga matahari tersebut. Paling tidak pemisahan harus dilaksanakan ketika usia tanaman mencapai maksimal 1 bulan. Tanaman yang terlambat dipisahkan akan mati sendiri karena berebutan air dan unsur hara.

Dari pot pembibitan, bibit bunga matahari sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu ke polybag. Tujuannya cuma satu yaitu proses pemeliharaan tanaman menjadi lebih mudah. Tanaman yang ditaruh di polybag membuat Anda bisa meletakkannya di teras rumah sehingga bisa dirawat dengan lebih gampang. Anda pun tidak perlu takut tanaman tersebut bakal mati karena kepanasan atau tersiram air hujan.

Barulah setelah tinggi tanaman bunga matahari mencapai 20-30 cm, Anda bisa memindahkannya lagi ke pekarangan. Siapkan lubang tanam terlebih dahulu dengan kedalaman 30 cm dan diameter 20 cm. Masukkan pupuk kandang ke dalamnya. Lalu biarkan lubang tanam tersebut selama 5-7 hari. Barulah setelah itu, Anda bisa menanamkan bibit bunga matahari ke dalam lubang tanam tersebut.

Cara merawat bunga matahari yang paling pokok adalah menyiramnya secara rutin. Anda harus menyempatkan waktu untuk menyiram tanaman ini setiap pagi. Kalau kebetulan matahari sedang bersinar terik, siram pula tanaman pada sore harinya. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk kandang tambahan setiap minggu. Apabila Anda merawatnya dengan baik, tanaman bunga matahari ini biasanya akan mulai menumbuhkan bunga setelah berusia 2 bulan.