Cara Menanam Batang Tanaman Adas

Adas merupakan tanaman hias yang mempunyai rupa sungguh menarik. Pesona dari tanaman ini yang utama terdapat pada daun-daunnya. Daun adas berbentuk jarum-jarum dan cukup rimbun. Tanaman ini nampak begitu indah ketika ditanam di dalam pot ataupun difungsikan sebagai pagar hidup. Adas cukup gampang ditanam kok. Tingkat kemudahan menanam adas ini bahkan mirip seperti tanaman singkong yang memang mudah ditanam. Jika mau, Anda bisa mencobanya sendiri.

Tanaman adas memang terbilang mudah ditanam. Anda bisa memperbanyak tanaman ini menggunakan bagian batangnya. Metode perbanyakan tanaman dengan stek batang memang dapat diaplikasikan ke tanaman adas. Anda hanya perlu memetik bagian batang tanaman adas, lalu menanamkannya ke media tanam yang sesuai. Setelah beberapa hari kemudian, batang tersebut akan menumbuhkan tunas daun yang menandakan kalau akarnya sudah tumbuh. Artinya Anda pun berhasil menanamnya.

cara-membudidayakan-adas.jpg

Kalau Anda tertarik ingin menanam tanaman adas sendiri, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini supaya berhasil menanamnya!

Alat dan Bahan :

  • Tanaman adas
  • Tang potong
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pasir
  • Pot
  • Air

cara-menanam-adas.jpg

Langkah-langkah :

  1. Petiklah batang adas dari tanaman induknya. Pilihlah batang-batang yang kondisinya sudah cukup tua. Usahakan petik sampai ke bagian pangkalnya. Anda bisa menggunakan tang potong untuk memetik batang adas ini.
  2. Ini merupakan langkah opsional untuk memperbesar peluang keberhasilan menyetek batang adas. Anda bisa merendam bagian pangkal batang adas ke zat perangsang tumbuh. Lalu Anda oleskan fungisida untuk mencegah serangan jamur/cendawan.
  3. Siapkan media tanam untuk menanam batang adas. Anda dapat membuat media tanam ini dari campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 3:1:1. Tanaman adas butuh media tanam yang subur dan bersifat agak porous.
  4. Masukkan beberapa pecahan genteng ke dalam pot sebagai penahan media tanam. Setelah itu, Anda dapat memasukkan media tanam yang telah dibuat ke pot ini. Isilah pot dengan media tanam sampai penuh. Lantas Anda bisa mendiamkannya selama 2-3 hari.
  5. Ingat ya, media tanam yang baru dibuat wajib didiamkan terlebih dulu agar kondisinya menjadi normal. Sebab bila tidak, media tanam ini masih cukup panas sehingga justru dapat mematikan tanaman adas. Ini merupakan langkah yang mutlak dilakukan.
  6. Buatlah lubang tanam terlebih dahulu sekitar 10-15 cm di tengah-tengah bagian pot. Kemudian tanamkan batang adasnya. Sebaiknya Anda menanam batang ini satu per satu di setiap lubang tanam. Jangan mengisi 1 lubang tanam dengan banyak batang adas.
  7. Taruhlah pot berisi batang adas yang baru ditanam di tempat yang teduh. Misalnya Anda dapat meletakkan pot ini di teras, bawah pohon, atau samping rumah. Jangan langsung menaruhnya di tempat terbuka sebab tanaman ini bisa terbakar matahari.
  8. Anda bisa merawat tanaman adas dengan rutin menyiraminya setiap hari. Sebab pada dasarnya, tanaman ini menyukai air yang cukup banyak. Tanaman adas akan tumbuh subur manakala ada di media tanam yang basah dan subur.

Mudah sekali, kan? Anda bisa mencobanya sendiri!