Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua biasa ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman yang bernama latin Sansevieria ini memang begitu unik dengan daun runcing yang dimilikinya. Penampilan daun tersebut sangat menarik. Warna dan corak yang menghiasinya sangat indah. Hampir semua bagian tubuh lidah mertua merupakan daun. Sisanya adalah batang semu serta akar di bagian bawahnya. Ketika umurnya sudah dewasa, lidah mertua akan menumbuhkan bunga yang indah sekali.

Kalau boleh dibilang, lidah mertua termasuk tumbuhan yang mudah sekali ditanam. Biasanya penghobi akan menanamnya dari anakan lidah mertua yang tumbuh di samping tanaman induk. Anakan tanaman lidah mertua ini dipisahkan sedemikian rupa, lalu bisa ditanamkan ke dalam media tanam. Sebagaimana tanaman jenis sukulen yang lainnya, lidah mertua gampang tumbuh. Anda bahkan tidak perlu menyiraminya terlalu sering.

Tanaman lidah mertua juga mudah sekali berkembang biak. Kami biasanya menanam satu bibit tanaman ini ke dalam pot yang ukurannya cukup besar, setelah itu merawatnya dengan baik. Selang antara 3-4 bulan kemudian, pot tersebut sudah dipenuhi oleh anakan-anakan tanaman lidah mertua. Dari sinilah kita bisa melakukan pemanenan dengan memisahkan si anakan dari tanaman induk. Dijamin gampang sekali deh prosesnya.

cara-memperbanyak-lidah-mertua.jpg

Alat dan Bahan :

  • Lidah mertua
  • Cutter
  • Gunting
  • Tanah
  • Sekam padi
  • Air
  • Cetok
  • Fungisida

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tanaman lidah mertua yang sudah mempunyai anak cukup banyak. Siramlah media tanamnya dengan air yang cukup banyak.
  2. Miringkan posisi pot, lalu keluarkan seluruh tanaman yang ada di dalamnya. Anda bisa menariknya, tapi usahakan jangan sampai memutus semua akarnya.
  3. Pisahkan anakan lidah mertua dari tanaman induk menggunakan cutter. Anda bisa memotong akar yang menghubungkannya dengan sekali tebas.
  4. Lanjutkan proses pemisahan anakan lidah mertua dari tanaman induk sampai selesai. Setelah itu, potonglah bagian akarnya yang rusak atau busuk memakai gunting.
  5. Rendam semua tanaman lidah mertua di larutan fungisida selama 15-30 menit. Tujuannya untuk mencegah serangan jamur yang dapat membusukkan akar.
  6. Siapkan media tanam berupa tanah yang bersih dari sampah dan kerikil. Kemudian tambahkan sekam padi sebanyak sepertiga bagian dari tanah.
  7. Aduklah tanah dan sekam padi supaya tercampur rata. Anda juga bisa menambahkan pupuk kompos secukupnya untuk meningkatkan kesuburan media tanam.
  8. Isilah pot dengan pecahan genteng sebagai alas media tanam. Berikutnya masukkan media tanam ke dalam pot sampai terisi separuh dari total volumenya.
  9. Tanamkan lidah mertua pada pot tersebut. Setelah itu, isi kembali pot dengan media tanam sampai volumenya menjadi penuh.
  10. Pot yang sudah ditanami lidah mertua bisa diletakkan di tempat terbuka serta bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Siramlah setiap 2 hari sekali.