Cara Membuat Teh dari Daun Tin

Tin merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Khususnya pada bagian buahnya yang memang sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya. Tapi tahukah Anda kalau daun tin juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan buah tin? Daun tin mengandung zat antioksidan yaitu polyphenols serta zat anti tumor dan kanker yaitu coumarins dan benzaldehyde. Selain itu, daun tin juga mempunyai serat, zat besi, dan kalium yang tinggi.

Adapun manfaat-manfaat yang dimiliki oleh daun tin untuk kesehatan kita, antara lain :

  1. Sebagai detoksifikasi
  2. Mengandung serat yang tinggi
  3. Mengontrol kadar gula di dalam darah
  4. Mengurangi sesak pernapasan
  5. Pelancar aliran darah
  6. Mengontrol tekanan darah tinggi dan jantung
  7. Mencegah kanker usus besar
  8. Pengencer dahak
  9. Memperlambat penyerapan glukosa di usus kecil
  10. Penahan rasa sakit
  11. Mendukung unsur perkumuhan air seni (deuretik)
  12. Membersihkan hati dan limpa
  13. Mengatasi masalah berat badan

membuat-teh-daun-tin.jpg

Ternyata eh ternyata, daun tin bisa juga diolah menjadi minuman teh herbal loh. Bagaimana proses pengolahannya? Kami akan jelaskan sebagai berikut!

Tahap I. Memetik Daun dari Pohon

Mulailah dengan memetik daun tin dari pohonnya. Petik daun tersebut beserta tangkai daunnya. Sebaiknya Anda pilih daun yang sudah cukup tua untuk diolah menjadi teh agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman tin. Selain itu, daun yang sudah tua juga mengandung nutrisi yang lebih banyak daripada daun yang masih muda. Kira-kira petiklah daun kelima ke bawah dihitung dari bagian pucuk tanaman. Hati-hati saat memetik daun ini agar getahnya tidak sampai mengenai daun.

Tahap II. Menghilangkan Getah dari Daun

Perlu diketahui, getah pohon tin sangat beracun. Jadi Anda harus mengusahakan agar getah tersebut jangan sampai mengenai daun yang akan diolah menjadi teh. Daun-daun tin yang sudah terlanjur terkena getah ini harus dibuang serta tidak boleh diolah atau dikonsumsi. Daun yang telah terkumpul selanjutnya diangin-anginkan dan diatur berbaris dalam posisi berdiri dengan tangkai daun menghadap ke bawah. Biarkan daun-daun tersebut terkena angin selama 1-2 jam agar kandung getah di dalamnya hilang.

Tahap III. Menjemur Daun Tin

Sebelumnya Anda perlu mencuci daun tin di bawah air yang mengalir sampai bersih. Mulailah dengan mencuci bagian tangkainya terlebih dahulu, lalu bagian daun. Kemudian tiriskan sebentar untuk mengurangi kadar airnya. Jemurlah daun-daun ini di tempat terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung. Waktu penjemuran kurang lebih selama 3 jam. Lalu Anda bisa mengecek kondisi daun tersebut apakah sudah cukup kering atau belum. Tandanya yaitu daun akan langsung hancur ketika Anda meremasnya. Setelah itu, potong tangkai hingga sebatas daun kemudian jemur kembali sampai benar-benar kering.

Cara Meminum Teh Daun Tin

Berikut ini langkah-langkah menyeduh teh daun tin yang benar :

  1. Silakan ambil 1 sendok makan bubuk teh daun tin.
  2. Seduhlah teh tersebut menggunakan air panas sebanyak 1 gelas, lalu tutup.
  3. Anda bisa menambahkan gula batu untuk menambah kenikmatan teh ini.
  4. Kami tidak menganjurkan penambahan gula pasir.
  5. Minumlah teh daun tin selagi kondisinya masih hangat.