Cara Membuat Pestisida Organik dari Bahan Alami

Bagaimana cara membuat pestisida organik dari bahan-bahan alami? Bagi Anda yang saat ini tengah membudidayakan suatu tanaman menggunakan sistem organik, Anda wajib menjaga kondisi tumbuh-tumbuhan tersebut dengan baik. Termasuk salah satunya ialah menjaga tanaman dari serangan hama. Anda perlu menggunakan pestisida yang sesuai untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman budidaya.

Sayangnya produk pestisida yang dijual di pasaran umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia. Tentu saja Anda tidak boleh menggunakan pestisida kimia ini untuk menanggulangi hama pada tanaman organik. Tumbuh-tumbuhan organik tidak boleh terkena bahan-bahan kimia sedikit pun sebab dapat merusak mutu dan kualitasnya. Mau tidak mau, Anda harus membuat pestisida organik sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Kali ini kami akan berbagai tentang proses pembuatan pestisida organik yang sangat ampuh dalam memberantas hama-hama yang menyerang tanaman seperti semut, laba-laba, belalang, jangkrik, lalat buah, ulat penggerek daun, trips, kutu kebul, tungau, dan lain-lain. Kami telah membuktikan sendiri khasiat dari pestisida tersebut untuk tanaman-tanaman organik yang kami pelihara. Silakan Anda bisa mencoba resep pestisida organik alat TokoTanaman.com berikut ini.

cara-membuat-pestisida-organik.jpg

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ons bawang putih
  • 1 ons kunyit
  • 3 ons lengkuas
  • 3 batang serai
  • Merica secukupnya
  • Sabun cuci piring secukupnya

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Siapkan alat tumbukan yang sudah dicuci bersih dan disiram air panas.
  2. Masukkan semua bahan-bahan di atas ke dalam alat tumbukan.
  3. Tumbuklah bahan-bahan tersebut sampai hancur dan ukurannya sangat halus.
  4. Pindahkan hasil tumbukan ke dalam panci, lalu tambahkan air sebanyak 1 liter.
  5. Rebuslah bahan-bahan ini sampai benar-benar mendidih.
  6. Pindahkan hasil rebusan ke wadah, lalu tambahkan sabun cuci piring secukupnya.
  7. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata.
  8. Biarkan kondisi suhunya menjadi dingin.
  9. Setelah suhunya dingin, Anda bisa menyaring campuran ini memakai kain halus.
  10. Pestisida organik buatan Anda sendiri pun telah siap untuk digunakan.

Sebelum dipakai untuk menyemprot hama yang menyerang tanaman organik, Anda perlu mengencerkan campuran pestisida tersebut terlebih dahulu. Caranya yaitu tambahkan air sebanyak 3-4 liter ke dalam 100-200 cc cairan pestisida organik ini. Setelah diaduk hingga benar-benar tercampur rata, Anda bisa langsung menggunakannya. Hasil dari semprotan pestisida ini biasanya akan mulai terlihat setelah 3-5 kali penyemprotan berupa tanaman yang telah bebas dari serangan hama sehingga kondisinya lebih subur.