Begini Cara Membuat Lidah Mertua Mini!

Tanaman lidah mertua memang mempunyai pesona menarik dari daun yang dimilikinya. Daun ini mendominasi seluruh bagian tubuh lidah mertua. Hampir semua bagian tanaman ini adalah daun. Daun lidah mertua berbentuk memanjang ke atas dengan ujung yang lancip. Daunnya terdiri dari bermacam-macam warna. Ada yang berwarna hijau polos, hijau kekuningan, hijau dengan garis kuning, hijau bintik-bintik hitam, hijau putih, dan lain-lain.

Perlu Anda ketahui ada dua jenis tanaman lidah mertua. Pertama yaitu tanaman yang memiliki daun tumbuh memanjang ke atas. Sedangkan kedua yakni tanaman dengan daun yang pendek dan bentuknya membulat. Kebanyakan orang menanam lidah mertua jenis pertama di taman. Tanaman ini bagus sekali dipakai untuk menciptakan taman yang modern. Sementara itu, jenis lidah mertua yang kedua umumnya dipelihara di dalam pot-pot kecil.

Contoh spesies tanaman lidah mertua yang mempunyai daun panjang misalnya Sanseviera trifasciata, Sanseviera bantels sensation, dan Sanseviera trifasciata Laurentii. Jenis-jenis lidah mertua akan cepat sekali tumbuh besar dengan daun yang panjang dan tinggi menjulang. Jika Anda tertarik dengan lidah mertua yang berukuran mini, Anda bisa memilih varietas trifasciata hahnii, silver hahnii, atau golden hahnii.

Tanaman lidah mertua yang memiliki daun pendek dan membulat selamanya akan berukuran mini. Tanaman ini tak akan tumbuh tinggi dan besar sebagaimana jenis tanaman lidah mertua yang pertama. Meskipun tanaman tersebut sudah berusia puluhan tahun, ukurannya bakal tetap kecil selamanya. Maka kesan imut dan lucu pun akan selalu dipancarkan oleh tumbuhan lidah mertua tadi. Tidak sedikit pengobi sanseviera yang menyukainya.

membuat-lidah-mertua-mini.jpg

Tapi apakah mungkin jika kita membuat lidah mertua jenis pertama yang notabene memiliki daun panjang seperti pedang menjadi lidah mertua mini? Hal ini mungkin saja dilakukan. Cara yang dapat dilakukan yaitu melalui upaya pengerdilan tanaman. Walaupun hasilnya tidak akan seperti lidah mertua jenis kedua yang memang sudah dari asalnya memiliki postur yang kecil, tetapi upaya ini dapat membuat lidah mertua jenis pertama menjadi kerdil.

Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda coba untuk mengerdilkan tanaman lidah mertua!

  1. Gunakan Pasir sebagai Media Tanam

Anda harus menggunakan media tanam yang miskin bahan organik supaya tanaman tidak tumbuh subur. Namun harus dipastikan juga bahwa media tanam tadi aman bagi tanaman. Anda bisa menggunakan pasir sebagai media tanamnya, baik pasir sungai atau pasir gunung. Jangan memakai pasir laut karena kandungan garamnya berbahaya bagi tanaman. Kami sarankan pakailah pasir malang untuk tanaman.

  1. Letakkan Tanaman di Dalam Rumah

Tanaman lidah mertua sangat menyukai sinar matahari. Tanaman ini bakal langsung tumbuh subur apabila mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. Jadi Anda perlu memasukkan tanaman ke dalam rumah supaya terhindar dari cahaya tersebut. Sesekali Anda boleh mengeluarkan tanaman beberapa saat agar tetap dapat bertahan hidup. Niscaya tanaman ini pun akan tumbuh lambat sekali.

  1. Jangan Beri Pupuk dan Siram Sesekali

Tanaman lidah mertua yang ingin dibuat kerdil tidak boleh diberi pupuk sama sekali. Biarkan akar tanaman tersebut mendapatkan nutrisi yang sudah terkandung di dalam pasir. Meski kandungan nutrisinya sedikit, tapi sudah mampu memenuhi kebutuhan harian tanaman. Anda juga masih perlu untuk menyirami tanaman setiap tiga hari sekali sehingga tanaman tetap sanggup bertahan hidup.