Apakah Ciri-ciri Khas Bunga Mawar?

Bagaimana ciri-ciri bunga mawar yang benar? Siapa pun pasti akan sepakat kalau mawar disebut-sebut sebagai ratunya bunga. Bunga ini memang begitu sempurna. Bentuknya indah, berwarna menarik, dan aromanya pun wangi. Sayangnya bunga mawar mempunyai duri yang cukup tajam di sekujur batangnya.

Mawar adalah tanaman hias berbunga yang termasuk dalam famili Rosaceae. Ada lebih dari 100 spesies mawar yang tersebar di hampir seluruh daerah di dunia. Kebanyakan tanaman mawar berupa semak belukar yang berduri dengan tinggi hingga mencapai 2-5 meter. Sebagian besar spesiesnya juga memiliki daun yang panjangnya sekitar 5-15 cm.

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh bunga mawar yaitu mempunyai mahkota bunga yang berjumlah lima helai serta berwarna cerah seperi merah, putih, kuning, dan pink. Batangnya mengandung duri dengan permukaan yang licin. Batang tersebut mampu tumbuh sampai berukuran tinggi 5 m. Tanaman mawar juga mempunyai daya tahan yang baik terhadap suhu udara yang rendah.

ciri-ciri-bunga-mawar.jpg

Di bawah ini penjelasan tentang ciri-ciri bunga mawar secara lengkap menurut bagian-bagian tubuhnya!

  • Batang

Batang pohon mawar mengandung duri dan mempunyai warna hijau keabu-abuan.

  • Daun

Mawar mempunyai daun majemuk yang terdiri atas 3 atau 5 sampai 9 atau 13 anak daun per tangkainya. Daun penumpu (stipula) berbentuk bulat telur, memiliki tulang daun yang menyirip, bagian tepi-tepinya beringgit, dan ujung daunnya meruncing.

  • Bunga

Bunga mawar terdiri atas 5 helai daun mahkota, kecuali spesies Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Bunga ini mempunyai warna-warni seperti putih, merah, pink, dan biru. Selanjutnya dari bunga tersebut akan dihasilkan buah agregat bernama rose hips yang biasanya berkembang dari bunga yang mempunyai banyak putik. Masing-masing putik akan berkembang menjadi buah tunggal (achene). Buah-buah tunggal ini akan berkumpul dan dibungkus oleh daging buah pada bagian luarnya.

  • Buah

Rata-rata buah mawar berwarna merah, kecuali Rosa pimpinellifolia yang mempunyai buah berwarna ungu gelap dan hitam.