Agar Pohon Durian Cepat Berbuah, Ini Rahasianya!

Bagaimana cara agar pohon durian cepat berbuah? Pohon durian memang membutuhkan waktu yang cukup lama baginya untuk menghasilkan buah. Waktu yang paling cepat kurang lebih antara 4-5 tahun. Biasanya pohon durian yang berasal dari bibit okulasi jauh lebih cepat berbuah dibandingkan dengan bibit dari biji. Oleh karena itu, TokoTanaman.com selalu menjual bibit tanaman buah hasil dari okulasi supaya lebih cepat menghasilkan buah tentunya.

Namun di samping dari asal-usulnya, terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan tanaman dalam menghasilkan buah. Di antaranya yaitu intensitas sinar matahari, tingkat kesuburan tanah, kedalaman lapisan tanah, usia tanaman, musim yang sedang berlangsung, ketersediaan unsur makro, dan penyerbukan bunga. Kami akan mencoba menjelaskan faktor-faktor ini satu per satu.

pohon-durian-cepat-berbuah.jpg

Intensitas Sinar Matahari

Pohon durian membutuhkan sinar matahari untuk mendukung proses fotosintesis yang dilakukannya. Setidaknya tanaman ini memerlukan sinar matahari selama 8-12 jam setiap hari. Kekurangan sinar matahari menyebabkan tanaman menjadi tidak normal akibat kebutuhannya terganggu. Idealnya bibit durian ditanam di daerah yang memiliki intensitas penyinaran matahari sekitar 40-50 persen. Semakin rendah intensitas penyinaran tersebut, semakin lama juga durasi waktu yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Tingkat Kesuburan Tanah

Sebaiknya bibit durian ditanam di tanah yang berjenis grumosol atau andosol. Ciri-ciri dari tanah ini antara lain berwarna hitam keabu-abuan, lapisan atasnya berbutir-butir, lapisan bawahnya bergumpal, dan memiliki kemampuan mengikat air yang tinggi. Bibit durian juga akan tumbuh baik di tanah yang mempunyai pH antara 5-7 dengan pH optimum sekitar 6-6,5. Tanah lempung berpasir, gembur, dan mengandung banyak unsur hara pun cocok ditanami durian. Hindari menanam durian di tanah yang terlalu liat sebab akarnya sulit berkembang.

Kedalaman Lapisan Tanah

Pohon durian mempunyai sistem perakaran yang berjenis tunggang. Akar tersebut bahkan sanggup menembus ke dalam tanah sejauh 2-3 m di bawah permukaan tanah. Semakin dalam akar tersebut mampu tumbuh di bawah tanah, semakin subur pula tanamannya karena bisa mendapatkan air dan unsur hara dalam jumlah yang melimpah. Jika lapisan tanah di lahan Anda terlalu dangkal akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal. Pohon durian tersebut memiliki postur yang pendek, daunnya jarang, serta sulit berbuah.

Usia Tanaman

Tentu saja hanya pohon durian dewasa  yang mampu menghasilkan buah. Tanaman yang belum cukup umur tidak akan bisa berbuah meskipun Anda sudah memberikan berbagai macam obat perangsang. Tingkat kedewasaan tanaman dipengaruhi oleh asal usulnya. Tanaman yang ditumbuhkan dari teknik okulasi biasanya sudah mencapai fase dewasa di usia 5-8 tahun. Berbeda dengan tanaman yang berasal dari perkecambahan biji, tanaman ini akan mencapai usia dewasa lebih lama lagi yakni setelah berumur 10-12 tahun.

Musim yang Berlangsung

Anda harus menyadari kalau pohon durian hanya akan berbuah di waktu-waktu tertentu saja. Tanaman ini menghasilkan buah secara musiman. Kalau sedang tidak musimnya, pohon durian tentu tidak dapat berbuah. Musim berbuah pohon durian di Indonesia biasanya terjadi pada musim kemarau, tepatnya setelah pohon tersebut mengalami masa kering selama dua bulan berturut-turut. Kondisi tersebut akan merangsang tanaman untuk menghasilkan buah. Anda harus rutin menyiraminya agar buah-buah yang dihasilkan tidak mudah rontok.

Ketersediaan Unsur Makro

Setiap tanaman membutuhkan unsur mikro dan unsur makro untuk mendukung hidupnya. Walaupun unsur makro yang diperlukan oleh tanaman tersebut relatif sedikit, tetapi tanaman yang kekurangan unsur ini akan mengalami gangguan dalam pertumbuhannya. Tanaman tadi pun bisa tidak menghasilkan buah sama sekali karena tidak mempunyai suplai unsur makro yang cukup. Pohon durian khususnya sangat membutuhkan unsur makro seperti Ca, Fe, Mg, dan Zn. Unsur-unsur bisa diperoleh dari pupuk tambahan.

Penyerbukan Bunga

Anda pasti akan merasa senang jika pohon durian yang ditanam sudah menghasilkan bunga. Tetapi jangan kaget kalau nantinya tidak semua bunga tersebut berkembang menjadi buah durian. Pasalnya bunga durian umumnya mekar pada sore hingga malam hari. Padahal serangga penyerbuk bunga sudah tidur pada rentang waktu tersebut. Kegagalan penyerbukan bunga juga dapat terjadi manakala waktu munculnya bunga tidak terjadi secara bersamaan sehingga mengakibatkan serbuk sari dan putik tidak dapat melakukan perkawinan.