Agar Daun Kastuba Berwarna Merah, Ini Rahasianya!

Ada begitu banyak jenis-jenis tanaman di dunia. Semuanya mempunyai karakteristik masing-masing. Beberapa jenis tanaman memiliki keindahan pada bagian daunnya. Tumbuhan seperti ini cocok sekali dijadikan sebagai tanaman hias. Salah satu contohnya yaitu kastuba (Euphorbia pulcherrima). Kastuba adalah tanaman perdu yang mempunyai daun begitu indah dengan warna merah menyala. Keunikan warna daun kastuba inilah yang menjadi daya tariknya.

Beberapa orang menganggap warna merah pada tanaman kastuba adalah bunga. Anggapan ini jelas sangat keliru. Bagian tanaman yang berwarna merah tersebut sebenarnya adalah daun. Sedangkan bunga kastuba yang asli memiliki wujud berupa butiran-butiran kecil berwarna kuning yang tumbuh di atas tangkai daun. Bunganya mirip sekali dengan bunga kertas. Namun karena warnanya lebih mencolok, daun kastuba justru menjadi perhatian utamanya.

Tetapi apakah daun kastuba memang asli berwarna merah? Jika iya, lantas bagaimana cara tanaman ini melakukan proses fotosintesis apabila tidak ada zat klorofil di dalam daunnya? Kenyataannya adalah daun kastuba sebenarnya tidak berwarna merah. Secara alamiah, daun kastuba ini berwarna hijau layaknya warna daun pada umumnya. Dibutuhkan upaya perawatan dengan metode tertentu agar daun kastuba berubah warna menjadi merah.

agar-kastuba-berwarna-merah.jpg

Kali ini kami akan berbagi kiat-kiat mengubah warna daun kastuba dari semula berwarna hijau menjadi berwarna merah sehingga terlihat lebih menarik. Pada dasarnya, untuk merangsang perubahan warna  pada permukaan daun kastuba, kita bisa melakukan penyungkupan.

Alat dan Bahan :

  • Polybag
  • Tali rafia
  • Pisau

Langkah-langkah :

  1. Tanaman kastuba yang hendak diubah warna daunnya sebaiknya dipindahkan ke tempat yang minim cahaya. Misalnya Anda bisa meletakkan tanaman tersebut di teras.
  2. Siapkan polybag yang ukurannya besar sebagai media untuk menyungkup tanaman. Di sini Anda harus menggunakan polybag yang besar agar tidak merusak daun kastuba. Sebagai ganti polybag, Anda juga bisa memakai kain yang berwarna hitam.
  3. Tutuplah seluruh daun kastuba menggunakan polybag. Hati-hati saat membungkus daun-daun ini. Masukkan secara perlahan-lahan ke dalam polybag supaya tidak rusak.
  4. Pastikan seluruh daun kastuba sudah masuk ke dalam polybag yang dipakai untuk penyungkupan. Setelah itu, ikatlah polybag memakai tali rafia agar terpasang kuat.
  5. Lakukan penyungkupan selama 19 jam per hari. Anda bisa mulai memasang sungkup ini setiap pukul 2 siang sampai 9 pagi keesokan harinya.
  6. Sementara pada waktu antara pukul 9 pagi hingga 2 siang, Anda perlu melepas sungkup tersebut untuk memberikan kesempatan bagi tanaman melakukan proses fotosintesis secara normal.
  7. Selama proses penyungkupan berlangsung, Anda perlu membatasi penyiraman air ke tanaman kastuba. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembusukan tanaman.
  8. Lakukan upaya penyungkupan ini setiap hari secara terus-menerus. Nantinya warna daun kastuba akan menjadi merah sedikit demi sedikit, hingga seluruh daun tadi berwarna merah gelap. Proses ini biasanya memakan waktu lebih dari sebulan.