Agar Daun Anggrek Mengkilap, Ini Dia Rahasia Merawatnya!

Tanaman anggrek dikenal sebagai tanaman hias yang mempunyai bunga yang sangat indah. Tidak sedikit orang yang menanamnya karena terpikat oleh keindahan dari tanaman ini. Daya tarik utama tumbuhan anggrek terdapat pada bunganya. Rupa bunga anggrek ini begitu sempurna. Bentuknya cantik sekali, warna-warninya cerah, dan memiliki aroma yang wangi. Biasanya sih tanaman anggrek ditanam di dalam pot yang berbentuk menarik untuk menyempurnakan keindahannya.

Jika dirawat dengan baik, daun angrek sebenarnya juga tidak kalah menarik dengan bunga anggrei. Daun anggrek ini berbentuk elips yang menyirip, ukurannya cukup tebal, dan warnanya hijau tua yang pekat. Beberapa jenis anggrek memiliki daun yang berukuran cukup panjang. Kalau Anda merawatnya dengan baik, daun anggrek ini akan menyempurnakan keindahan tanaman anggrek. Bayangkan saja. Perpaduan antara hijaunya daun anggrek dengan warna-warni bunganya pasti akan menciptakan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

agar-daun-anggrek-mengkilap.jpg

Untuk merawat daun anggrek supaya tumbuh subur serta memiliki permukaan yang mengkilap, Anda bisa memberikannya bahan-bahan di bawah ini.

Cuka Apel dan Minyak Zaitun

Bahan pertama yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan mengkilapkan daun anggrek yaitu campuran antara cuka apel dan minyak zaitun. Kombinasi dari kedua bahan ini sangat efektif loh dipakai untuk membuat daun tanaman anggrek menjadi nampak mengkilap. Pastinya campuran ini juga aman diaplikasikan ke anggrek. Justru dengan rutin menggunakannya, pertumbuhan daun anggrek akan makin subur dan gemuk. Cara menerapkannya mudah sekali. Anda tinggal mengoleskan campuran cuka apel dan minyak zaitun ini ke kedua sisi permukaan daun anggrek.

Susu Sapi

Selain bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan manusia, ternyata susu sapi juga dapat digunakan untuk menyuburkan daun anggrek loh. Daun anggrek yang rutin diberi susu sapi akan tumbuh semakin subur. Pertumbuhannya begitu cepat. Daun akan menjadi lebih besar dan panjang, serta gemuk. Warna daun anggrek tersebut juga akan semakin pekat yang menandakan kalau terkandung banyak zat klorofil di dalamnya. Menariknya lagi, daun anggrek yang rutin diberi susu juga akan terlihat lebih mengkilap. Ingat ya, Anda harus menggunakan susu sapi murni, bukan susu kental manis.

cara-merawat-daun-anggrek.jpg

Minyak Kayu Putih

Sebenarnya sih semua jenis minyak dapat dimanfaatkan untuk mengkilapkan permukaan daun anggrek. Anda tinggal mengoleskan minyak tersebut, niscaya penampilan daun anggrek pun akan menjadi lebih kinclong dan tidak kusam lagi. Akan tetapi, beberapa jenis minyak mampu menarik perhatian serangga sehingga datang menyerang daun anggrek. Malahan ada pula minyak yang berbahaya jika diaplikasikan ke daun anggrek serta dapat menyebabkan kerusakan. Adapun jenis minyak yang aman diterapkan ke daun anggrek, bisa menyuburkannya, serta mampu membuat permukaannya mengkilap ialah minyak kayu putih.

Pupuk Daun

Kalau mau menggunakan bahan yang sudah diramu khusus untuk membantu pertumbuhan daun pada tanaman anggrek serta membuatnya tumbuh subur, Anda bisa menggunakan pupuk daun. Pupuk daun ini mengandung nutrisi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan daun. Kini terdapat begitu banyak jenis-jenis pupuk daun yang tersedia di toko tanaman. Usahakan Anda memilih pupuk daun yang ditujukan khusus untuk anggrek serta mempuyai kemampuan untuk membuat permukaan daun tersebut nampak mengkilap. Silakan Anda bisa mengunjungi toko kami untuk mendapatkannya.