7 Tanda Buah Semangka Siap untuk Dipanen

Bagaimana tandanya kalau buah semangka telah siap untuk dipanen? Budidaya semangka paling baik dilakukan menjelang bulan puasa atau pada musim kemarau. Sebab pada waktu-waktu tersebut, harga jual buah semangka sangat bagus dan stabil. Anda mungkin sudah membudidayakan tanaman semangka saat ini? Bisanya tanaman ini akan menghasilkan buah setelah umurnya mencapai 70-100 hari setelah ditanam. Kadang-kadang tanaman semangka yang kita pelihara tidak menghasilkan buah dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, proses pemanenannya pun dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali.

Pemetikan buah semangka tahap pertama hanya difokuskan kepada buah-buah yang kondisinya sudah tua. Kemudian dilanjutkan dengan pemetikan buah tahap kedua dengan memanen seluruh buah. Jika tanaman masih mau menghasilkan buah bisa dilanjutkan dengan pemetikan buah tahap ketiga. Anda tidak perlu khawatir, buah semangka yang baru dipetik memang warna daging buahnya merah muda dan rasanya tidak terlalu manis. Tetapi selang 2 hari kemudian, daging buah semangka tadi akan berwarna merah tua, terasa manis, dan ukurannya sedikit mengecil.

buah-semangka-siap-panen.jpg

Proses pemanenan buah semangka sebaiknya dilaksanakan pada saat kondisi cuaca sedang cerah. Buah yang akan dipetik juga harus dipastikan kondisi permukaannya benar-benar kering sehingga daya simpannya lebih lama. Buah semangka yang lembab atau basah terkena air akan mengakibatkannya cepat membusuk. Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan ialah tingkat kematangan buah. Pastikan buah semangka yang dipetik dalam kondisi yang matang. Buah semangka berbeda dengan buah mangga, pepaya, atau alpukat yang masih bisa menjadi matang setelah dipetik dari pohonnya.

Adapun tanda-tanda buah semangka yang telah masak sempurna dan layak untuk dipanen antara lain :

  1. Rupa permukaan buah semangka tampak berwarna mengkilap dan tidak kusam.
  2. Bila diperhatikan dengan baik, warna kulit luar buahnya lebih gelap.
  3. Sulur yang ada di pangkal buah semangka sudah mengecil dan mengering.
  4. Buah semangka akan mengeluarkan nada tinggi jika ditepuk kulit luarnya.
  5. Ukuran tangkai buah semangka mengecil, tidak berbulu, dan bergaris-garis cokelat.
  6. Kondisi batangnya pun telah mengecil dan semakin lama akan semakin mengering.
  7. Jika tangkai buahnya kering, buah semangka tersebut berarti sudah terlalu matang.

Anda bisa menggunakan gunting yang tajam dan steril untuk memanen buah semangka dari pohonnya. Guntinglah tangkai buahnya dengan jarak sekitar 7-10 cm dari buah semangka itu sendiri. Kerjakan proses pemanenan ini sebaik-baiknya. Setelah itu dilakukan proses penyortiran buah semangka menurut kualitasnya. Buah yang belum terlalu tua atau bentuknya aneh biasanya memiliki harga jual yang lebih rendah.