5 Cara Merawat Tanaman Teratai agar Cepat Berbunga

Tumbuhan teratai yang sudah berhasil Anda tanam harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini akan cepat tumbuh besar dan menghasilkan bunga. Teratai pun bakal nampak menarik dan cantik sekali dengan bunga yang menghiasinya. Bunga teratai memiliki warna yang beraneka rupa sesuai jenisnya. Kurang lebih bunganya menyerupai bunga lotus. Warna-warninya akan semakin menambah daya tarik kolam tempatnya tumbuh.

Walaupun sering dianggap sama, kenyataannya teratai merupakan tanaman yang berbeda dari lotus atau seroja. Teratai termasuk dalam genus Nymphaea, sedangkan lotus adalah anggota genus Nelumbo. Jika Anda perhatikan dengan baik, lotus memiliki batang dan daun yang lebih keras daripada teratai. Bunga lotus biasanya tumbuh menjulang ke atas, jaraknya cukup tinggi dari air. Sementara bunga teratai terlihat seperti mengambang di permukaan air.

Tanaman teratai memiliki daun berukuran lebar yang membantunya untuk mengapung di permukaan air. Ketika sudah dewasa, tanaman ini akan menghasilkan bunga dengan kelopak bunga yang indah. Biasanya teratai ditanam di kolam ikan untuk menambah keasrian kolam tersebut. Jika lahan yang Anda miliki tidak terlalu luas, Anda bisa menanamnya di tempayan, ember, bejana atau pot yang ukurannya cukup lebar.

agar-teratai-rajin-berbunga.jpg

Agar tanaman teratai tersebut cepat menumbuhkan bunga, Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

Pastikan Tanaman Mendapat Sinar Matahari Penuh

Syarat utama tanaman teratai supaya tumbuh subur dan mampu menghasilkan bunga dengan cepat yaitu tanaman tersebut harus bisa memperoleh sinar matahari yang cukup. Faktanya memang teratai sangat menyukai sinar matahari. Pancaran cahaya mentari yang mengenainya akan memicu proses fotosintesis secara maksimal. Tanaman pun akan tumbuh subur ketika bisa menghasilkan banyak makanan. Sinar matahari juga akan membuatnya cepat berbunga.

Berikan Pupuk Organik Cair Susulan Setiap Bulan

Jika ingin tanaman teratai yang Anda miliki cepat berbunga, Anda memang harus membuatnya tumbuh subur. Semua tanaman yang kondisinya subur pasti akan tumbuh dengan baik. Waktu berbunganya pun akan lebih cepat daripada tanaman yang lainnya. Begitu pula dengan teratai ini. Agar bisa teratai tumbuh subur, berikan pupuk organik cair secara rutin paling tidak setiap bulan. Tuangkan pupuk ini ke kolam tempat penanaman tumbuhan teratai secukupnya saja.

Lakukan Pemangkasan Cabang yang Tidak Produktif

Bunga teratai akan tumbuh dari bagian cabang-cabangnya. Tetapi tidak semua cabang tersebut mampu menghasilkan bunga. Cabang yang sudah terlalu tua, rusak, atau kondisinya tak sehat sudah tidak dapat menghasilkan bunga lagi. Sebaiknya cabang-cabang tanaman yang sudah tak produktif ini dibuang saja melalui pemangkasan. Gunakan gunting yang tajam dan steril untuk memangkas cabang tersebut. Pemangkasan akan membuat distribusi makanan di dalam tubuh tanaman berjalan dengan maksimal serta dimanfaatkan untuk keperluan yang tepat.

Basmi Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman

Pantau terus kondisi semua tanaman teratai yang Anda pelihara. Apabila tanaman tersebut nampak tidak sehat, Anda harus segera memeriksanya. Mungkin saja tanaman tadi terserang oleh hama atau penyakit yang membuat kondisinya terganggu. Biasanya tanaman akan menunjukkan gejala-gejala tertentu sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerangnya. Lakukan upaya pengendalian secara tepat untuk mengatasi masalah ini. Pakailah obat kimia untuk membasmi hama dan bibit penyakit tersebut.

Gunakan ZPT untuk Merangsang Tumbuhnya Bunga

Anda juga bisa memberikan bahan-bahan tertentu untuk merangsang pembentukan bunga pada tanaman teratai. Misalnya memberikan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) kepada tanaman tersebut. Di pasaran memang sudah banyak tersedia produk perangsang bunga bagi tanaman. Tanaman yang rutin diberikan ZPT ini akan cepat menghasilkan bunga. Kalau ingin yang alami, Anda bisa memakai air rendaman sabut kelapa. Berikan air rendaman ini secara rutin kepada tanaman teratai,